7 Manfaat Menakjubkan Punya Hewan Peliharaan

Kompas.com - 01/04/2019, 13:19 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan shutterstockIlustrasi hewan peliharaan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, merawat binatang merupakan sebuah “panggilan alam” yang diterima dengan senang hati. Bahkan saking cintanya, tidak jarang hewan peliharaan sampai dianggap sebagai anggota keluarga sendiri.

Nah entah itu anjing, kucing, ikan hias, burung, atau bahkan kura-kura sekali pun, ternyata piaraan kesayanganmu dapat membawa kebaikan untuk kesehatan kita sekeluarga di rumah. Apa saja?

1. Mengusir stres

Entah itu karena masalah di rumah atau di kantor, stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol berlebihan.

Kondisi ini dapat melemahkan sistem imun sehingga membuat kita gampang sakit, ungkap Blair Justice, PhD, dosen psikologi di University of Texas School of Public Health, melansir WebMD.

Stres juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka panjang apabila dibiarkan terus.

Merawat hewan piaraan sama saja seperti aktivitas menyenangkan untuk mengusir stres. Bermain bersama binatang peliharaan dapat secara langsung menurunkan kortisol sembari meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin dalam tubuh.

Serotonin, oksitosin, dan dopamin adalah dua hormon yang bertanggung jawab menciptakan rasa senang, bahagia, dan ketenangan (rileksasi) ketika kita dilanda stres atau merasa cemas.

Menariknya, kadar hormon-hormon ini akan berangsur bertambah semakin lama kita bermain bersama peliharaan tercinta.

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan Sehatkan Fisik dan Mental

2. Menyehatkan jantung

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X