Kompas.com - 02/04/2019, 17:00 WIB
Anjing jenis Golden Retriever. ThinkstockphotosAnjing jenis Golden Retriever.

KOMPAS.com - Kelihatannya memelihara hewan di rumah hanya perlu memberinya makan. Padahal, kesehatan dan kualitas hidupnya juga perlu diperhatikan.

Hewan peliharaan, khususnya anjing, seharusnya menjadi bagian dari keluarga, sehingga kita perlu memiliki komitmen untuk menjaga dan merawatnya.

“Syarat utama memelihara anjing atau binatang peliharaan apapun adalah komitmen. Karena banyak yang tidak konsisten, sehingga di tengah jalan berhenti memberikan yang terbaik untuk anjing peliharaannya,” jelas pelatih anjing berpengalaman, Aang, dalam acara yang diadakan oleh Probalance di Jakarta (1/4/2019).

Ia mengatakan, pada dasarnya rasa sayang saja pada hewan tidak cukup. Kita juga perlu memperhatikan asupan makananya, memperhatikan kesehatannya, dan juga meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan anjing peliharaan.

“Finansial juga harus disiapkan. Termasuk untuk membeli makanan yang bagus, memberi vaksin, obat cacing, dan juga kandang yang bersih,” ujar pelatih dari Chambaraya Dog Trainer ini.

Setiap hari kita juga perlu mengajak anjing bermain atau berjalan-jalan untuk menguatkan ikatan. Terkesan merepotkan, itu sebabnya dibutuhkan komitmen sejak awal.

Anjing yang mendapatkan semua kebutuhannya, termasuk makanan yang bernutrisi akan tumbuh menjadi anjing yang sehat, lincah, dan tidak mudah sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Karena Anjing pun Butuh Bermain

“Ciri-ciri anjing yang sehat adalah aktif dan lincah, nafsu makannya baik, gigi bersih, rambut atau bulunya bersih dan mengkilap,” kata dokter hewan Elvinka, dalam acara yang sama.

Elvinka menyayangkan pemilik anjing yang memberi hewan peliharannya makanan sisa dari dapur.

“Makanan seadanya memang tidak membuat anjing kita mati, tetapi kualitas hidupnya berkurang. Anjing pun tidak happy,” ujarnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.