Kompas.com - 05/04/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi menu vegan MizinaIlustrasi menu vegan

KOMPAS.com - Pola makan vegetarian belakangan ini memang semakin populer. Salah satu turunan dari pola makan ini adalah vegan yang berarti tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali, termasuk telur dan susu.

Walau lebih ketat dan ekstrim dibanding vegetarian, ternyata penganut pola makan ini dianggap lebih sehat.

Riset sebelumnya telah membuktikan pola makan nabati dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung dan tekanan darah.

Keuntungan dari menjalani diet vegan ini kembali dikuatkan oleh studi terbaru yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition.

Periset menemukan, mereka yang melakukan diet vegan memiliki kadar antioksidan paling banyak dalam tubuh. Hal ini mungkin terjadi karena mereka mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah.

Penelitian ini melibatkan 840 orang yang mengikuti lima jenis pola diet. Pola diet pertama yaitu diet vegan tanpa ada produk hewani yang dikonsumsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 8 Tokoh Vegetarian Terkenal Sepanjang Sejarah...

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Pola diet kedua adalah vegetarian lacto-ovo, yang mengizinkan konsumsi telur dan susu tetapi tidak  mengonsumsi ikan dan daging.

Pola diet berikutnya adalah pesco-vegetarian, yang memperbolehkan konsumsi ikan.

Pola diet berikutnya yaitu diet semi-vegetarian yang memperbolehkan konsumsi daging kurang dari seminggu sekali atau lebih dari sekali tiap bulan, dan pola diet terakhir adalah non-vegetarian.

Peserta studi memberikan sampel darah, urine, dan lemak, yang dipelajari para peneliti untuk melihat tingkat antioksidan, lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan vitamin.

Halaman:


Sumber menshealth

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.