Kompas.com - 05/04/2019, 20:05 WIB
ilustrasi bau keringat shutterstockilustrasi bau keringat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang memiliki pakaian olahraga favorit. Namun, karena terlalu sering digunakan, setelan olahraga favorit tersebut menjadi sedikit melar, berubah warna atau bahkan meninggalkan bau keringat.

Terkadang, bau keringat pada pakaian tidak hilang meskipun sudah dicuci berulang kali.

Pakar kuman sekaligus profesor dan kepala departemen komunitas, lingkungan dan kebijakan di Mel & Enid Zuckerman College of Public Health, Kelly Reynolds, mencoba berbagi tips agar kita bisa menjaga pakaian olahraga tetap harum dan cemerlang.

1. Menggantung pakaian segera setelah berolahraga

Mungkin banyak dari kita yang langsung memasukkan pakaian olahraga ke tas segera setelah dikenakan. Namun menggantung pakaian tersebut segera setelah dipakai adalah cara sederhana untuk mencegah bakteri berkembang.

Menurut Reynolds, semakin cepat kita mengeringkan pakaian kita, maka akan semakin sedikit waktu yang dimiliki bakteri untuk berkembang dalam serat-serat baju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kebanyakan bakteri berkembang pada lingkungan yang lembab, mereka bisa melipatgandakan jumlahnya sangat cepat dalam setiap 20 menit," ujarnya.

Kamu bisa membeli rak pengering kecil atau menggantungnya di luar ruangan untuk diangin-anginkan, sambil menunggu waktu untuk mencucinya.

Baca juga: 10 Strategi Ampuh untuk Mengatasi Keringat Berlebih

2. Menggunakan deodoran alami

Kini kita bisa menemukan banyak deodoran alami di pasaran. Menurut Reynolds, menemukan produk deodoran alami yang sesuai keinginan kita mungkin menjadi hal yang agak sulit. Dibutuhkan riset dan percobaan terhadap sejumlah sampel yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.