5 cara Melakukan Gerakan "Plank" dengan Sempurna

Kompas.com - 07/04/2019, 13:18 WIB
Ilustrasi plank gpointstudioIlustrasi plank

KOMPAS.com - Bagi pecinta olahraga gym, melakukan plank bisa menjadi tantangan tersendiri.

Gerakan plank yang dilakukan untuk melatih otot inti, kerap dilakukan oleh atlet amatir hingga profesional.

Menurut David Mercer, pelatih pribadi di organisasi penyedia layanan kesehatan nirlaba terbesar di Inggris (Nuffield Health), latihan ini sangat populer karena diangap sebagai cara terbaik untuk membentuk bagian perut kita.

Namun jika kita tak tahu cara melakukannya dengan benar, melakukan plank hanya sekadar menjadi aktivitas yang "menakutkan'.

Berikut lima cara melakukan plank dengan tepat menurut David Mercer.

1. Pilih posisi yang tepat

Hal penting untuk melakukan plank adalah kita perlu memastikan tubuh kita berada di posisi yang benar.

Posisikan perut menghadap ke lantai dan kaki lurus di belakang tubuh. Setelah itu, Mercer menyarankan agat tangan kita dalam posisi lengan lurus dengan tangan diletakan di bawah dan sejajar dengan bahu.

Kemudian, turunkan lengan sehingga kita bertumpu pada siku, dengan posisi lengan pada sudut 90 derajat dan ujung siku berada di bawah dan sejajar bahu.

Menurut Merrcer, kita harus mencoba membentuk garis horizontal imajiner di seluruh tubuh, menghubungkan telinga, bahu, pinggul, dan pergelangan kaki.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X