Kompas.com - 08/04/2019, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Beberapa skesta asli dari mendiang desainer Karl Lagerfeld akan dilelang akhir bulan ini.

Arsip dari 125 sketsa dan portofolio asli itu telah dimiliki secara pribadi sejak 1960an.

Semua arsip dan portofolio itu digambar oleh Lagerfeld saat ia bekerja sebagai perancang di House of Tiziani, Roma, pada tahap awal karirnya.

Koleksi ini sangat langka karena mantan direktur kreatif Chanel tersebut diketahui sering membuang sketsanya.

Dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker tahun 2007, Lagerfeld mengaku ia memang sering membuang sketsa yang dibuatnya.

"Perabotan paling penting di sebuah rumah adalah tong sampah. Saya tidak menyimpan arsip saya sendiri, tidak ada sketsa, tidak ada foto, tidak ada pakaian — tidak ada apa-apa," ucap Lagerfeld saat itu.

Dua sketsa paling berharga yang juga dilelang pada tanggal 18 April ini digambar oleh Lagerfeld untuk bintang Hollywood Elizabeth Taylor.

Sketsa-sketsa itu diharapkan terjual dengan harga masing-masing sekitar 1.000 dollar AS atau Rp 14 juta hingga 3.000 dollar AS atau Rp 42 juta.

Baca juga: 5 Fakta Unik Karl Lagerfeld, Pernah Gemuk hingga Benci Selfie...

Koleksi portofolio lain yang ditawarkan di lelang diperkirakan akan dijual sekitar 2.000 dollar AS atau Rp 28 juta hingga 4.000 dollar AS atau Rp 56 juta.

Sketsa yang diikutsertakan dalam lelang memiliki nilai paling rendah 500 dollar atau Rp 7 juta hingga 1.500 dollar AS atau Rp 21 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.