Bisakah Membentuk Otot dalam Sebulan?

Kompas.com - 10/04/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga

KOMPAS.com - Setelah latihan rutin untuk membentuk otot selama sebulan, kita pasti penasaran dengan hasilnya.

Kenyataanya, membangun otot tidak terjadi secara instan dan membutuhkan kerja dan komitmen kuat untuk hasilnya. Pembentukan otot bahkan baru bisa terlihat dalam hitungan tahun.

Fluktuasi berat badan yang drastis selama sebulan biasanya merupakan akibat dari kehilangan cairan atau retensi, bukan karena pembentukan otot.

Menurut terapis fisik Marc Jacobchic, jumlah otot yang dapat diperoleh satu orang dalam satu bulan bervariasi.

"Jumlah otot maksimum yang bisa Anda peroleh dalam satu bulan berbeda tidak hanya antara pria dan wanita, tetapi juga antara tiap individu," kata Jacobchick.

Menurutnya, variabel seperti intensitas latihan, volume, frekuensi, susunan genetik, diet, istirahat, dan kadar hormon masing-masing memiliki efek spesifik pada penambahan otot.

Bahkan, jika diet pola diet yang kita lakoni berjalan sempurna dan kita teratur berolahraga, jangan berharap untuk melihat perbedaan yang signifikan hanya dalam waktu satu bulan.

"Dengan mempertimbangkan semua hal itu, rata-rata pria dapat memperoleh sekitar 0,5 hingga 1 kilogram otot dan wanita maksimum hanya mendapatkan 0,5 kilogram saja dalam sebulan," kata Jacobchick.

Baca juga: 5 Cara Membentuk Otot di Usia Senja

Olahraga yang membangun otot lebih cepat

Memang tak ada jenis olahraga tertentu untuk membantu kita membentuk otot dengan cepat. Namun, kita bisa melakukan beberapa jenis latihan.

Jacobchick mengatakan, latihan ketahanan dengan intentitas berat telah terbukti membangun otot lebih cepat daripada latihan resistensi ringan dan kardio, yang merupakan prinsip latihan beban dalam pembentukan otot.

Agar otot mengalami perubahan dan pertumbuhan, Jacobchick menyarankan kita untuk melakukan latihan yang cukup hebat untuk menyebabkan robekan kecil pada otot.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X