Kompas.com - 11/04/2019, 10:43 WIB
Festival de gastronomia de Indonesia  digelar KBRI Buenos Aires bekerjasama dengan Hotel Melia dan Zuccardi Wine, 8-12 April 2019, diawali dengan Gala Dinner. DOKUMENTASI KBRI Buenos Aires Festival de gastronomia de Indonesia digelar KBRI Buenos Aires bekerjasama dengan Hotel Melia dan Zuccardi Wine, 8-12 April 2019, diawali dengan Gala Dinner.

KOMPAS.com - Tidak seperti biasanya, restoran Azorine, Hotel Melia, siang itu dipenuhi tamu yang ingin menikmati buffet masakan Indonesia.

Selama seminggu, masyarakat di Kota Buenos Aires bisa menikmati rendang, nasi goreng, sate, gado-gado, soto, kare ikan, bahkan sayur lodeh, khas Indonesia. 

Semua sajian itu dimasak oleh Chef Widjiono "Yono" Purnomo, chef kondang pemilik dua restoran Indonesia di Amerika Serikat.

"Festival de gastronomia de Indonesia " yang digelar KBRI Buenos Aires bekerjasama dengan Hotel Melia dan Zuccardi Wine, 8-12 April 2019, diawali dengan Gala Dinner dan pertunjukan kesenian.

Suguhan itu diberikan untuk Duta Besar dan jajaran korps diplomatik negara sahabat, para pemilik restauran di Argentina, jurnalis gastronomía, blogger, penggiat kuliner, dan juga para pengusaha industri makanan setempat.

Baca juga: Lumpia dan Sate Ayam Jadi Rebutan di Pesta Rakyat Portugis

Kuliner adalah salah satu langkah “soft power diplomacy” yang kini digencarkan oleh Kementerian Luar Negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kita harapkan nanti tersaji makanan Indonesia di hotel-hotel dan berbagai restauran di Argentina."

Begitu dikatakan Dubes RI di Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie pada malam Gala Dinner, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis WIB (11/4/2019).

Menurut Niniek, diplomasi kuliner melalui festival semacam ini, bukan hanya untuk mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia, namun juga harus bisa menciptakan demand market akan bahan dan makanan Indonesia.

"Kita tidak boleh lelah untuk mempromosikan budaya Indonesia. Pertama kita ciptakan ketertarikan akan makanan Indonesia."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.