Kompas.com - 12/04/2019, 06:06 WIB

KOMPAS.com - Terkadang, berbagai permasalahan dalam hidup menganggu kondisi finansial kita.

Tenggat pembayaran tagihan yang harus dilunasi, kendaraan untuk bekerja yang butuh dana perbaikan, atau keluarga jatuh sakit yang membutuhkan biaya ekstra.

Peristiwa semacam itu bisa saja terjadi dan membuat kita benar-benar membutuhkan dana ekstra di luar kemampuan finansial kita.

Solusi praktis untuk mengatasi masalah ini adalah meminjam uang kepada teman. Namun, terkadang rasa gengsi atau malu membuat kita ragu untuk meminjam uang.

"Orang lebih suka berbicara tentang masalah seks, seperti mereka membutuhkan Viagra, daripada berbicara tentang masalah keuangan mereka," kata psikolog keuangan Brad Klontz.

Menurutnya, banyak orang gengsi membicarakan masalah finansial mereka karena uang mencerminkan status sosial dan ekonomi dirinya.

Klonzt mengatakan, banyak orang merasa berada di tempat yang salah ketika merasa menjadi orang paling miskin atau kaya di lingkungan atau kelompoknya.

"Semakin jauh kamu menyimpang dari kondisi kelompok, semakin banyak kecemasan yang kamu rasakan," ucapnya.

Menurut Klontz, rata-rata orang memikirkan bagaimana orang lain akan memandang perbedaan pada dirinya dan apakah orang lain tak akan menyukainya.

"Pada tingkat biologis, terasa seperti ancaman bagi kelangsungan hidup," tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.