Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Michelle Joan, Berusaha Jadi Vegan Meski Doyan Daging

Kompas.com - 12/04/2019, 15:55 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari rayuan seorang sepupu yang menerapkan pola makan vegan, aktris Michelle Joan akhirnya juga berusaha mengurangi konsumsi produk-produk hewani.

Salah satu alasannya adalah karena melihat bentuk tubuh sepupunya yang dulu gemuk berisi menjadi lebih ideal.

"Dia tadinya agak gemuk, secara enggak sadar dalam dua bulan turun 10kg setelah jadi vegan," kata Michelle saat ditemui di Central Park Mall, Jakarta Barat, Kamis (11/4/2019) kemarin.

Mencoba menerapkan pola makan vegan bukanlah hal yang mudah bagi Michelle. Sebab, dirinya sangat menyukai daging, terutama menu Korean Barbeque dan steak.

"Aku suka banget daging sebenarnya. Tapi sepupuku itu kayak "jejalin" (manfaat pola hidup vegan) terus," tuturnya.

Saat ini, Michelle belum mampu sepenuhnya menjadi vegan. Ia baru bisa memangkas konsumsi produk susu dan mengurangi konsumsi daging merah. Misalnya, sebulan sekali.

Aktris yang namanya naik daun karena serial "Ganteng-Ganteng Serigala" itu juga beberapa kali mencoba menerapkan seminggu menjadi vegan. Hanya saja, ia masih mengkonsumsi daging putih.

"Ayam sama ikan aku masih makan tapi daging merah berusaha berhenti," katanya.

Karena masalah kulit wajah

Selain faktor kesehatan secara keseluruhan, faktor kesehatan kulit juga menjadi pertimbangan Michelle untuk menerapkan pola makan vegan.

Michelle tak mengingat secara pasti kapan ia mulai berusaha mengubah pola makannya tersebut. Namun untuk konsumsi produk susu sudah dilakukannya sejak enam bulan terakhir.

Sebab, susu membuat kulit wajahnya bruntusan.

Meski membatasi produk susu, Michelle masih sesekali mengkonsumsi keju.

"Karena aku suka keju. Minum susu berhenti total aku bisa, kalau keju susah karena kadang dalam makanan ada kejunya yang sudah diolah," kata perempuan kelahiran Jakarta, 28 Mei 1993 itu.

Kesibukan syuting juga membuatnya semakin yakin untuk menjalani pola makan vegan. Michelle mencontohkan ketika ia pada beberapa waktu lalu menjalani syuting di beberapa negara dengan kondisi cuaca yang berbeda.

Kondisi kulit wajahnya pun memburuk ketika pulang ke tanah air. Selain menggunakan produk-produk alami untuk mengembalikan kulit wajahnya agar sehat kambali, pola makan vegan menjadi pola hidup pendukung.

"Makanan dijaga betul. Makanya gara-gara itu, aku selang-seling vegan. Walaupun susah banget tapi diusahakan," tutur Michelle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com