Mural di Pesawat F-28, Sebuah Harap untuk Indonesia...

Kompas.com - 13/04/2019, 15:00 WIB
Mural di bagian buritan pesawat F28 karya Rifky Muhammad Isa dan kawan-kawan. DOKUMENTASI PRIBADI Mural di bagian buritan pesawat F28 karya Rifky Muhammad Isa dan kawan-kawan.

KOMPAS.com – Sabtu, 30 Maret 2019, ada pemandangan tak biasa di Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung.

Tepatnya, di bagian timur bandara yang biasa digunakan penerbangan TNI.

Sebanyak 20 tim seniman mural berdiri, dan menantikan medium "unik" yang akan mereka lukis.

Ya, sebuah pesawat F 28 -jet penumpang yang kini sudah pensiun atau tak digunakan lagi, bakal menjadi bidang corat-coret para seniman itu.

Begitu melihat pesawat yang akan dilukis, mereka sempat takjub. Dari keseluruhan pesawat, ada 10 bagian yang akan dilukis.

Di antara 20 tim seniman mural tersebut, terdapat Rifky Muhammad Isa dan Muhammad Rizki. Mereka mendapatkan spot gambar di bagian buritan pesawat.

Rifky Muhammad IsaKOMPAS.com/RENI SUSANTI Rifky Muhammad Isa

Baca juga: Yello, Hotel Penuh Mural yang Sediakan Galeri Pameran Gratis...

“Kami dapat spot paling enak. Tapi tantangannya spot itu paling tinggi, sekitar lima meter, jadi pengerjaannya lebih lama,” ujar Rifky kepada Kompas.com di Bandung, Kamis (12/4/2019).

Begitu pun dengan desain, harus disesuaikan dengan tempat. Sebab, sketsa dalam bentuk kertas akan berbeda ketika diaplikasikan di sayap pesawat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Debora Dea (@debora_deaa) on Mar 31, 2019 at 7:30pm PDT

Tepat pukul 09.00 WIB, acara yang dilombakan tersebut pun dimulai. Rifky dan Rizki menggunakan bahan sprei yang disiapkan panitia untuk menuangkan idenya.

Berbeda dengan tim lain, ide kedua pemuda ini merupakan mimpi dan harapan terhadap kedirgantaraan Indonesia.

Khususnya, PT Dirgantara Indonesia (DI) sebagai produsen pesawat kebanggaan Indonesia.

“Temanya dirgantara, lalu muncul ide akan menggambar sesuatu yang berhubungan dengan pesawat antariksa. Kami menggambar astronot dan pesawat antariksa,” tutur dia.

Lewat gambar tersebut, keduanya berharap, suatu hari nanti Indonesia mampu membuat pesawat ulang alik dan mengirimkan astronot ke antariksa seperti NASA.

Halaman:



Close Ads X