Perhatikan, 5 Kebiasaan Penting Supaya Panjang Umur...

Kompas.com - 21/04/2019, 11:00 WIB
.SHUTTERSTOCK .

KOMPAS.com - Ketika bicara soal kesehatan, hampir semua orang memiliki motivasi yang sama, yaitu hidup sepanjang mungkin.

Para peneliti pun mengidentifikasi perilaku-perilaku apa yang bisa memperpanjang usia hidup.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Circulation tahun lalu menyebutkan, ada lima kebiasaan hidup sehat yang bisa memperpanjang usia seseorang.

Apa saja lima kebiasaan tersebut?

1. Pola makan sehat

Pola makan sangat berkaitan dengan usia panjang. Penelitian menganjurkan kita untuk menerapkan diet Mediterania agar mendapatkan banyak manfaat kesehatan, termasuk usia panjang.

Pola makan ini banyak memasukkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang, dan lemak sehat ke dalam pola makan sehari-hari.

Pola makan ini tidak menyertakan banyak gula, daging merah atau makanan olahan.

Baca juga: Mau Panjang Umur? Cobalah Rutin Makan Tomat

Studi lainnya menemukan, usia panjang berkaitan dengan jenis makanan dan nutrisi secara spesifik seperti yang dikonsumsi pada pola Mediterania.

Di antaranya biji-bijian utuh, serat, ikan, protein nabati, dan lemak sehat.

Di sisi lain, makanan seperti cemilan dan daging-dagingan, makanan yang digoreng, hingga minuman bergula kerap dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang tinggi.

Meskipun pola makanmu tidak sehat sempurna, penelitian menunjukkan, perubahan menuju pola makan sehat juga bisa memberi manfaat.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2017 menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi setidaknya 20 persen makanan sehat lebih banyak daripada sebelumnya, bisa menurunkan risiko kematian dini hingga 17 persen.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X