Deretan Tanaman Rumah yang Bisa Membersihkan Udara Menurut NASA

Kompas.com - 22/04/2019, 08:56 WIB
Ilustrasi tanaman di rumahPhotography by Adri/Shutterstock Ilustrasi tanaman di rumah

 

KOMPAS.com - Tanaman terbaik memiliki tugas ganda, selain mempercantik, mereka juga memurnikan udara dari bahan kimia beracun. Plus, tanaman tersebut mudah tumbuh. 

Dilansir laman Reader's Digest, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), rumah kita dapat memiliki polutan tiga hingga lima kali lebih banyak daripada di luar rumah.

Oleh karena itu, menurut EPA, kita seperti tinggal di rumah "sakit" dan tidak menyadarinya. Sebab, bisa jadi terdapat zat seperti xylene (dalam cat dan pernis), benzena (lilin furnitur, semprotan serangga) trichlorethylene (pembersih, perekat), dan formaldehyde (pelapis, penyegar udara) yang dapat menghasilkan gejala seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, atau masalah pernapasan seperti alergi.

Nah, NASA Clean Air Study dirancang untuk menemukan cara-cara efektif dan sederhana untuk mendetoksifikasi udara di stasiun ruang angkasa. Dari sana terungkap adanya tanaman rumah biasa, namun memiliki kekuatan super pemurni udara. Apa saja?

1. Dwarf Date Palm

Dward Date PalmKusalodom/Shutterstock Dward Date Palm

Tanaman ini kuat dan tahan kekeringan, namun pertumbuhannya lambat. Setelah tanaman ini cukup dewasa, ia akan hidup selama beberapa dekade dan tumbuh setinggi delapan hingga sepuluh kaki atau 2,4 - 3 meter dengan duri tajam seperti jarum yang  dekat pangkal batang daun.

Namun, tanaman ini terkenal karena kemampuannya untuk menyaring xylene. Nah, untuk penyaringan udara yang optimal, NASA merekomendasikan penempatan setidaknya satu tanaman per 30,4 meter persegi rumah atau ruang kantor.

2. Boston Fern

Boston FernTatyana Abramovich/Shutterstock Boston Fern

Boston Ferns adalah tanaman pakis asli hutan tropis dan daerah rawa, sehingga akan tumbuh subur dalam cahaya rendah dan kelembaban tinggi. Tanaman ini ideal untuk kamar mandi.

Kelembaban dari shower akan menghidrasi tanaman. Selain menjadi tambahan yang cantik dan dekoratif untuk kamar mandi, tanaman ini juga membantu menghilangkan xylene dan—penelitian NASA mengungkapkan—itu adalah tanaman terbaik untuk menghilangkan formaldehida. 

3. Kimberly Queen Fern

Kimberly Queen FernTotokzww/Shutterstock Kimberly Queen Fern

Tanaman pakis lain yang masuk daftar NASA adalah Kimberly Queen. Tidak seperti pakis Boston yang menyebar ke samping, Kimberly Queen tumbuh tegak dan memberikan penampilan yang rapi.

Halaman:



Close Ads X