Cedrat, Aroma Jeruk Unik yang Menyegarkan

Kompas.com - 23/04/2019, 14:24 WIB
cedrat dari loccitanecedrat loccitane cedrat dari loccitane

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jenis wewangian yang tepat untuk dikenakan saat cuaca panas adalah aroma citrus atau jeruk, dan aroma aqua, yakni kesegaran air.

Kedua aroma ini memberi kesan segar, sejuk, penuh energi, sekaligus sportif saat dikenakan sebagai wewangian.

Ada banyak sekali wewangian yang menggunakan bahan citrus, dari berbagai jenis jeruk, mulai jeruk mandarin, lemon, bergamot, grapefruit, neroli, dan lainnya.

Namun ada jenis jeruk unik yang memunculkan wangi khas yang sedikit berbeda. Jeruk itu adalah cedrat atau Citrus medica.

Cedrat, atau orang Inggris sering menyebutnya citron, adalah spesies jeruk yang memiliki kulit tebal dan kasar, namun bagian dalam buahnya kecil.

Cedrat merupakan jenis tanaman sitrus asli, bukan hasil silangan. Jenis ini disebut berasal dari India di kaki Himalaya, namun banyak tumbuh di Sisilia, Maroko, Crete, Corsica, juga di Puerto Rico.

Buah cedrat sendiri jarang dimanfaatkan. Tapi kulitnya yang beraroma segar banyak digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak serta untuk bahan membuat parfum.

Nah, L'Occitane, produk perawatan tubuh asal Provence, Perancis, menjadikan buah citrus yang misterius ini sebagai bahan kandungan utama untuk rangkaian produk pria terbarunya.

Eau de Toilette Cedrat, misalnya, memberi kesegaran maskulin, karena dirangkai dengan aroma rempah dan kayu-kayuan.

Wangi awal yang muncul saat wewangian ini disemprotkan adalah campuran antara aroma kulit cedrat dengan bergamot yang segar dan murni.

Kemudian akan tercium aroma rempah seperti jahe dan nutmeg. Lalu di bagian basenotes akan tercium wangi kayu cedar dan kayu cashmere, meninggalkan kesan maskulin pada pemakainya.

Karena aromanya yang unik itu, L'Occitane juga memanfaatkan cedrat dari Corsica untuk produk lain, mulai dari sabun, deodoran, after shave krim, hingga pembersih muka.

Bila kamu termasuk penyuka aroma yang menyegarkan dan unik, maka rangkaian produk Cedrat dari L'Occitane ini bisa menjadi pilihan untuk membuat tampilan lebih fresh.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X