Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2019, 07:27 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sandal platform era 90-an kini kembali tren. Sejumlah label turut serta meramaikan pasar dengan merilis sandal beralas tebal tersebut.

Sebut saja Steve Madden yang merilis sandal tersebut dalam koleksi kapsulnya untuk Urban Outfitters. Tak itu saja, beberapa hari lalu juga model Suki Waterhouse tampak mengunggah fotonya yang tengah mengenakan sandal setinggi 10 cm dari Simon Miller.

Sayangnya, seperti dilansir laman New York Post, sandal tersebut memiliki risiko yang mengintai bagi kaki.

Pakar kesehatan tentang penyakit kaki, dr Hillary Brenner, merekomendasikan untuk menghindari memakai sandal platform.

Menurut Brenner, sandal dengan tipe kaku seperti itu dapat mengganggu cara berjalan dan stabilitas, sehingga membuat pemakainya rentan terhadap kondisi pergelangan kaki yang terkilir dan hal tak diinginkan lainnya.

Kondisi tersebut berbeda ketika memakai sol yang fleksibel seperti sneakers yang memungkinkan kamu membagi berat badan dari tumit ke bola kaki saat berjalan.  

Nah salah satu cara yang mudah untuk menemukan alas kaki terbaik adalah menekuknya dengan tangan untuk melihat kelenturannya. 

Brenner melanjutkan, risiko kesehatan karena memakai sandal platform adalah nyata. Menurutnya, sembilan dari 10 pasien yang memakai sandal tipe tersebut datang ke kantornya karena mengeluhkan keseleo pada pergelangan kaki.

Sekallipun kamu tidak jatuh, bukan berarti tidak memiliki masalah. Menurut Brenner, bisa jadi pemakaian itu mengganggu kondisi tubuh lain, salah satunya punggung.

"Kamu tidak berada dalam posisi yang benar, sehingga seiring berjalannya waktu dapat menambah banyak tekanan pada punggung kamu," ujar Brenner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com