Kompas.com - 24/04/2019, 07:27 WIB
Aktris Amanda Seyfried mengenakan sandal platform Christian Louboutin dengan nama koleksi Bella. USMAGAZINE.COMAktris Amanda Seyfried mengenakan sandal platform Christian Louboutin dengan nama koleksi Bella.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sandal platform era 90-an kini kembali tren. Sejumlah label turut serta meramaikan pasar dengan merilis sandal beralas tebal tersebut.

Sebut saja Steve Madden yang merilis sandal tersebut dalam koleksi kapsulnya untuk Urban Outfitters. Tak itu saja, beberapa hari lalu juga model Suki Waterhouse tampak mengunggah fotonya yang tengah mengenakan sandal setinggi 10 cm dari Simon Miller.

Sayangnya, seperti dilansir laman New York Post, sandal tersebut memiliki risiko yang mengintai bagi kaki.

Pakar kesehatan tentang penyakit kaki, dr Hillary Brenner, merekomendasikan untuk menghindari memakai sandal platform.

Menurut Brenner, sandal dengan tipe kaku seperti itu dapat mengganggu cara berjalan dan stabilitas, sehingga membuat pemakainya rentan terhadap kondisi pergelangan kaki yang terkilir dan hal tak diinginkan lainnya.

Kondisi tersebut berbeda ketika memakai sol yang fleksibel seperti sneakers yang memungkinkan kamu membagi berat badan dari tumit ke bola kaki saat berjalan.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah salah satu cara yang mudah untuk menemukan alas kaki terbaik adalah menekuknya dengan tangan untuk melihat kelenturannya. 

Brenner melanjutkan, risiko kesehatan karena memakai sandal platform adalah nyata. Menurutnya, sembilan dari 10 pasien yang memakai sandal tipe tersebut datang ke kantornya karena mengeluhkan keseleo pada pergelangan kaki.

Sekallipun kamu tidak jatuh, bukan berarti tidak memiliki masalah. Menurut Brenner, bisa jadi pemakaian itu mengganggu kondisi tubuh lain, salah satunya punggung.

"Kamu tidak berada dalam posisi yang benar, sehingga seiring berjalannya waktu dapat menambah banyak tekanan pada punggung kamu," ujar Brenner.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.