HIIT Bisa Bikin Sembelit, Apa Alasannya?

Kompas.com - 24/04/2019, 08:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Ketika mencari tahu tentang penyebab konstipasi, rutinitas olahraga mungkin tak muncul sebagai alasan paling utama.

Kita cenderung memandang rutinitas olahraga sebagai sesuatu yang membantu menyehatkan tubuh. Kecuali jika dilakukan dengan cara yang salah atau terlalu sering.

Namun, faktanya beberapa jenis olahraga bisa membuat tubuh kaget, dan proses internal yang terjadi di dalam tubuh bisa menimbulkan masalah serius.

Kondisi usus setiap orang berbeda. Namun, fakta berikut ini mungkin bisa membuatmu mengubah pola olahraga.

Ternyata, olahraga tertentu bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit.

Sebetulnya, kamu bisa saja mendengar pengalaman yang berbeda-beda soal sembelit, tergantung dengan siapa kamu bicara.

Baca juga: Mana yang Paling Efektif, Sprint, HIIT atau Lari Intensitas Moderat?

Ada banyak sekali jenis olahraga, tingkatan dan intensitas. Sehingga kita tidak bisa begitu saja memukul rata semua olahraga, atau tidak satu pun olahraga menyebabkan sembelit.

Ini juga bergantung pada diri masing-masing.

Namun, sejumlah pakar meyakini bahwa melakukan latihan interval intensitas tinggi ( HIIT) secara konsisten bisa membuat perut merasa tidak nyaman.

Mengapa HIIT menyebabkan sembelit?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X