Mencegah Bibir Kering di Udara Dingin

Kompas.com - 25/04/2019, 16:00 WIB
.VIA THINKSTOCK .

KOMPAS.com - Bibir yang kering bisa membuat kita tidak nyaman dan kadang menyakitkan. Memulas lipstik di atas bibir yang kering juga membuat penampilannya kurang memuaskan. Sayangnya, cuaca dingin dan iklim kering membuatnya semakin parah.

Bibir yang kering tidak cukup diatasi dengan lip balm saja. Ada beberapa cara di bawah ini mungkin bisa kamu terapkan:

1. Menggunakan lip balm dengan SPF dan bahan khusus

Direktur sebuah spa di California, Alison Abbot menjelaskan, ketika memilih lip balm, pastikan mengandung bahan yang mampu merawat kelembapan bibir dan memiliki faktor pelindung.

Abbot merekomendasikan penggunaan lip balm dengan kandungan minyak kelapa, minyak biji bunga matahari dan beeswax (lilin lebah). Sebab, bahan-bahan tersebut bisa membantu melembutkan dan menghidrasi bibir.

"Perlu juga menggunakan lip balm dengan kandungan SPF untuk melindungi bibir dari sinar matahari berbahaya," kata dia.

Baca juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Problem Umum Pengguna Lip Cream

2. Scrub gula

Dokter estetika Chelsea DiPilla menganjurkan tips sederhana mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Caranya, campurkan sedikit gula dan dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama hingga berbentuk pasta.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir dengan gerakan memutar yang lembut. Berhati-hatilah agar tidak merobek bagian bibir yang lembut.

Setelah melakukan eksfoliasi, bilas scrub hingga tidak ada lagi gula atau minyak tersisa. Terakhir, aplikasikan lip balm yang mengandung antioksidan untuk mengembalikan fungsi pelindung dari kulit. Namun, jika kamu tidak punya lip balm, cukup aplikasikan minyak kelapa ke bibir.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

3. Pelembap mengandung minyak kelapa, cocoa butter dan lidah buaya

Direktur spa di The Ritz-Carlton Spa, Los Angeles, California, Tamara Ische merekomendasikan untuk mengaplikasikan minyak kelapa, cocoa butter dan lidah buaya di bibir sebelum tidur.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X