Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Diabetes Tipe 2

Kompas.com - 26/04/2019, 08:37 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang menganggap bahwa diabetes adalah penyakit yang banyak dialami oleh usia lanjut. Padahal, usia penderita diabetes semakin hari semakin bergeser ke usia muda.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) 2017, sepertiga penderita prediabetes di dunia saat ini berusia 20-39 tahun.

Prediabetes adalah kondisi di mana orang yang memiliki kadar gula darah melebihi batas normal, namun belum termasuk diabetes. Kondisi ini sangat berisiko tinggi terkena diabetes di kemudian hari jika tidak melakukan perubahan gaya hidup.

Jika tidak dicegah secara dini, angka diabetes akan terus meningkat dari 10,3 juta jiwa pada 2017 menjadi 16,7 juta jiwa pada 2045.

Adapun 90 persen dari total kasus diabetes di dunia merupakan diabetes tipe 2 atau diabetes yang dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat.

Tentunya kita semua tidak ingin menderita diabetes 2 karena pola hidup yang tidak sehat. Beberapa tips menerapkan pola hidup sehat dari dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc. bisa kamu terapkan.

1. Membawa bekal makanan

Membawa bekal makanan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengontrol apa yang kita makan. Namun, sebaiknya pilih makanan yang sehat. Pahami kebutuhan kalori tubuh dan hindari makan berlebih.

Hindari pula konsumsi minuman-minuman berwarna yang umumnya mengandung gula tinggi. Minuman semacam ini menjadi penyebab kegemukan, faktor risiko diabetes tipe 2 yang paling banyak terjadi.

"Pilih makanan yang baik. Misalnya, martabak boleh saja tapi ingat jatah (kalori) sehari jangan melampaui," kata Bhanu ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Diabetes Bisa Serang Anak-anak, Kenali Gejala dan Pencegahannya

IlustrasiTHINKSTOCK Ilustrasi

2. Komitmen olahraga

Selain menerapkan pola hidup sehat, olahraga menjadi hal penting lainnya. Pilihlah olahraga yang kita suka agar bisa menjalaninya dengan konsisten. Kita juga bisa mengatur pola olahraga yang menyenangkan bagi diri sendiri. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X