Menata Alat Makan ala Marie Kondo

Kompas.com - 26/04/2019, 09:42 WIB
Menata dapur ala Marie Kondo Menata dapur ala Marie Kondo

KOMPAS.com - Dapur yang tertata rapi pasti membuat kita bersemangat untuk memasak.

Selain itu, pengaturan dapur yang baik juga mempermudah kita untuk menemukan bahan atau peralatan makan yang dibutuhkan.

Dalam buku berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up", konsultan organisator Marie Kondo menekankan pentingnya tata ruang terbaik untuk peralatan makan.

"Di samping makanan dan sikat gigi, peralatan makan adalah satu-satunya hal lain yang masuk ke mulut Anda," ungkap Marie.

Dan karena sering digunakan, Marie menyebut alat makan juga layak mendapat tempat yang mudah diakses di dapur kita.

Sebelum kita mengatur ulang dapur, Marie menyarankan kita untuk memeriksa kembali seluruh peralatan dapur. Dari langkah ini, kita dapat memutuskan mana yang akan disimpan dan mana yang akan dibuang.

Setelah memutuskan alat-alat apa saja yang ingin disimpan, maka kita dapat menatanya di tempat teratas.

Baca juga: Mempercantik Dapur, Si Jantung Rumah

Mengatur peralatan makan yang terbuat dari perak.

Kita dapat meletakan sendok garpu di dalam wadah atau organizer yang terbagi dalam laci  praktis.

Kita juga bisa menyimpannya dalam wadah yang berada di lemari piring, di bagian mana saja yang menurut kita pantas untuk menyimpannya.

Berikut beberapa contoh organizer atau tempat menyimpan alat makan yang praktis.

  • Laci kayu. Organizer semacam ini dapat diatur sesuai kebutuhan. Meskipun alat makan tersimpan di wadah berbentuk laci, ini akan terlihat indah dan mendorong kita untuk menjaga laci tetap rapi.
  • Laci plastik. Sama seperti laci kayu, organizer ini akan menyimpan alat makan dengan rapi. Selain itu, tambahan liner karet akan menjaga alat makan yang tersimpan tetap berada di tempatnya.
  •  Jar set atau toples kaca. Jika ingin menyimpan peralatan makan dalam wadah terbuka, pilihan jar set akan menjaga semua peralatan makan kita tersimpan rapi.

 




Close Ads X