Menyambut Pagi Istimewa di Candi Borobudur

Kompas.com - 26/04/2019, 11:23 WIB
Suasana pagi di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Kompas.com/Lusia Kus AnnaSuasana pagi di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Langit masih gelap dan udara masih dingin ketika kaki menaiki satu persatu anak tangga di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (23/4/2019). 

Tak berapa lama, kami sampai juga di bagian teratas candi yang ternyata sudah ramai oleh pengunjung lain yang mayoritas wisatawan mancanegara.

Masing-masing sudah siap dengan kameranya dan berusaha menempati spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dari mahakarya Dinasti Syaliendra itu.

Di ufuk timur semburat surya sudah terlihat membuat langit di sekitarnya berwarna keemasan. Gunung Merapi dan Merbabu di kejauhan berdiri kokoh. Komposisi yang sempurna.

Sayangnya, pagi ini sang surya tertutup kabut sehingga kami tidak bisa menikmati secara utuh kemunculannya. 

Meski begitu, berada di puncak bangunan setua dan semegah Borobudur sambil menatap horizon dalam keheningan akan membuat sukma tergetar. 

Dari desa-desa di kejauhan suara ayam berkokok memberi tanda bagi manusia untuk memulai harinya.

Candi Borobudur memang terkenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Indonesia. Setiap hari, ada sekitar 150-300 wisatawan yang datang sejak pukul empat pagi agar tak ketinggalan menyambut matahari terbit.

Tiket masuk ke kompleks Candi Borobudur untuk melihat sunrise Rp 350.000, memang berbeda dengan tiket reguler. 

Menikmati Borobudur dalam keheningan pagi.Kompas.com/Lusia Kus Anna Menikmati Borobudur dalam keheningan pagi.

Amazing Morning

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X