Inikah Sepatu Lari Nike Tercepat?

Kompas.com - 27/04/2019, 18:27 WIB
Nike ZoomX Vaporfly NEXT%NIKE Nike ZoomX Vaporfly NEXT%

KOMPAS.com - Sneakers Nike Zoom Vaporfly 4 mendapat sejumlah perubahan. Mulai dari menambahkan kata “Next%”, juga siluet dari ujung kaki hingga tumit yang berbeda. Perubahan itu berasal dari masukan yang diberikan oleh para juara dunia lari Nike.

Misalnya saja dari atlet Shalane Flanagan yang merasa kesulitan di maraton Boston karena diberatkan oleh air, sehingga bagian atas sepatu lebih ditingkatkan.

Kemudian sol tengah diperbaiki yang merupakan solusi dari Nike Sport Research Lab yang menggabungkan masukan-masukan dari beberapa elit Nike.

Terakhir pola traksi yang didesain ulang setelah permintaan dari Eliud Kipchoge yang memiliki pengalaman mengikuti perlombaan di Berlin dalam cuaca basah.

"Sepatu ini benar-benar hasil masukan dari atlet, ilmuwan olahraga, insinyur dan desainer kami yang berkolaborasi di seluruh proses desain, pengujian dan pembuatan,” kata Brett Holts, Nike VP Running Footwear dalam keterangan pers kepada Kompas.com.

"Kami semua sangat bersemangat untuk melihat Next% terus mendorong melebihi batas kinerja manusia pada lomba maraton di seluruh dunia.”

Sepatu ini disebut menghasilkan peningkatan running economy sebesar 4 persen dibandingkan sepatu lari maraton Nike sebelumnya, Nike Zoom Streak 6.

Peningkatan pada Next% diibaratkan melihat setiap perlombaan menjadi kesempatan untuk mencapai garis finish lebih cepat.

Seperti yang Mo Farah katakan, "Sebagai seorang atlet, kalian pasti akan mencari peningkatan persen berikutnya."

Secara keseluruhan, peningkatan teknis ini membuat Nike ZoomX Vaporfly Next% disebut menjadi sepatu Nike tercepat yang pernah ada. 

Fitur anyar 

Nike ZoomX Vaporfly NEXT%NIKE Nike ZoomX Vaporfly NEXT%

Selain pembaruan di atas, sepatu ini memiliki sejumlah pembaruan lain.Vaporweave, misalnya, konstruksi bahan dimulai dari bagian atas, sehingga lebih ringan daripada Nike Flyknit, breathable dan menyerap lebih sedikit air dari keringat maupun air hujan dan membuat tetap sejuk serta kering selama maraton.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X