Riset Klaim Yoga Wajah Buat Wanita Terlihat Awet Muda

Kompas.com - 28/04/2019, 10:10 WIB
Yoga Wajah Membuat Wanita Awet Muda Jasmina81Yoga Wajah Membuat Wanita Awet Muda

KOMPAS.com - Olahraga memang tebrukti dapat menjaga kebugaran dan membuat kita terlihat awet muda.

Kini, ahli dermatologi mengatakan, rejimen latihan wajah dapat memiliki manfaat serupa.

Menurut riset yang diterbitkan dalam JAMA Dermatologi, wanita yang melakukan yoga wajah atau facial yoga selama 30 kali dalam seminggu terlihat tiga tahun lebih muda.

Tak tanggung-tanggung, riset membuktikan manfaat tersebut dapat dirasakan setelah 20 minggu rutin melakukan facial yoga.

Tren mengenai yoga wajah telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Menurut periset, latihan ini dapat membantu meremajakan wajah dan mendorong pertumbuhan otot yang mendasarinya.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada uji klinis untuk menilai apakah latihan ini benar-benar dapat meningkatkan penampilan kulit dan fitur wajah.

Oleh karena itu, ahli dermatologi dan peneliti dari Northwestern University bekerja sama dengan Gary Sikorski pakar yoga wajah, melakukan penelitian untuk membuktikannya.

Riset dilakukan pada sekelompok kecil wanita berusia 40 hingga 65 tahun yang ingin terlihat lebih muda. Wanita dalam riset tersebut memiliki atrofi wajah ringan sampai sedang.

Dengan kata lain, mereka rentan mengalami penipisan dan pengenduran kulit, yang terkait dengan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Semua peserta riset diminta menghadiri dua sesi pelatihan dengan Sikorski dan belajar 32 latihan wajah yang berbeda, dengan masing-masing latihan membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk dilakukan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber InStyle
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X