Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Klaim Yoga Wajah Buat Wanita Terlihat Awet Muda

Kompas.com - 28/04/2019, 10:10 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Olahraga memang tebrukti dapat menjaga kebugaran dan membuat kita terlihat awet muda.

Kini, ahli dermatologi mengatakan, rejimen latihan wajah dapat memiliki manfaat serupa.

Menurut riset yang diterbitkan dalam JAMA Dermatologi, wanita yang melakukan yoga wajah atau facial yoga selama 30 kali dalam seminggu terlihat tiga tahun lebih muda.

Tak tanggung-tanggung, riset membuktikan manfaat tersebut dapat dirasakan setelah 20 minggu rutin melakukan facial yoga.

Tren mengenai yoga wajah telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Menurut periset, latihan ini dapat membantu meremajakan wajah dan mendorong pertumbuhan otot yang mendasarinya.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada uji klinis untuk menilai apakah latihan ini benar-benar dapat meningkatkan penampilan kulit dan fitur wajah.

Oleh karena itu, ahli dermatologi dan peneliti dari Northwestern University bekerja sama dengan Gary Sikorski pakar yoga wajah, melakukan penelitian untuk membuktikannya.

Riset dilakukan pada sekelompok kecil wanita berusia 40 hingga 65 tahun yang ingin terlihat lebih muda. Wanita dalam riset tersebut memiliki atrofi wajah ringan sampai sedang.

Dengan kata lain, mereka rentan mengalami penipisan dan pengenduran kulit, yang terkait dengan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Semua peserta riset diminta menghadiri dua sesi pelatihan dengan Sikorski dan belajar 32 latihan wajah yang berbeda, dengan masing-masing latihan membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk dilakukan.

Mereka diperintahkan untuk melakukan latihan ini di rumah setiap hari selama delapan minggu. Setelah itu, mereka disuruh terus berlatih setiap hari.

Para peserta difoto pada awal studi, pada delapan minggu masa riset, dan pada akhir 20 minggu. Setelah itu, foto-foto itu diperlihatkan kepada dokter kulit yang tidak tahu urutan pengambilannya.

Mereka diminta untuk menilai 19 fitur wajah yang berbeda dan memperkirakan usia wanita di setiap foto.

Baca juga: Menjadikan Yoga Sebagai Bagian dari Kehidupan

Menurut peringkat dokter kulit, pipi atas dan bawah para wanita menjadi lebih penuh selama penelitian.

Para wanita juga tampak lebih muda pada akhir program. Untuk diketahui, usia rata-rata wanita sebelum riset dimulai adalah 50 tahun.

Halaman:
Sumber InStyle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com