Kompas.com - 29/04/2019, 17:40 WIB
Ilustrasi bulu mata shutterstockIlustrasi bulu mata

KOMPAS.com - Bulu mata yang tipis dan pendek memang bisa "disulap" menjadi lebih tebal, panjang, dan lentik, dengan memasang bulu mata palsu. Menyambung bulu mata juga bisa dilakukan di salon khusus bulu mata.

Meski begitu, sebenarnya kita juga bisa membuat bulu mata terlihat tebal dan lentik secara alami. Kuncinya adalah kesabaran. Seperti apakah tahapannya?

1. Kunjungi ahli dermatologi

Jika kita merasa pertumbuhan bulu mata tak normal atau rontok, tak ada salahnya memeriksakan ke dokter dermatologi atau spesialis kulit dan kelamin.

"Apa pun yang mengganggu pertumbuhan rambut dia area tubuh lain juga dapat mengganggu pertumbuhan bulu mata," kata dokter dermatologi Heidi Waldorf.

Menurutnya, kekurangan gizi hingga efek kemoterapi, atau tekanan fisik dan emosional yang parah bisa menjadi penyebab gangguan pada pertumbuhan bulu mata.

"Pertumbuhan bulu mata juga bisa terhambat karena penggunaan ekstensi bulu mata secara teratur, yang dapat menyebabkan alopecia traksi seperti efek mengikat rambut terlalu ketat," tambahnya.

Alopecia traksi adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh penarikan berulang yang sama, sering, dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca juga: Bulu Mata Makin Menipis di Usia 30-an

2. Bersihkan kelopak mata

Dokter spesialis mata Mark Jacquot mengatakan, kebersihan kelopak mata adalah hal penting untuk kesehatan area mata.

Halaman:


Sumber InStyle

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X