Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2019, 19:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Sayur dan buah-buahan yang masih segar bukan hanya memiliki tekstur yang renyah dan rasanya lezat, kandungan vitaminnya pun sangat tinggi. Itu sebabnya sangat penting menjaga kesegaran bahan pangan ini sebelum diolah.

Menurut dr.Sonia Wibisono, bahan pangan segar seperti buah dan sayur akan mengalami degenerasi atau rusaknya sel-sel ketika mengalami pembusukan.

“Di dalam sel-sel buah dan sayur terdapat cairan, vitamin, dan nutrisi lain. Kalau mulai busuk, perlahan-lahan selnya rusak sehingga kita tidak bisa menikmati nutrisi dan kelezatannya,” kata Sonia di sela acara Electrolux Taste and Care di Mal Kota Kasablanka (28/4/2019).

Secara umum memang ada buah dan sayuran yang lebih cepat layu dan busuk. Misalnya saja wortel, daun seledri, jamur, hingga buah stroberi.

“Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kesegarannya lebih lama, misalnya dengan memasukkan di wadah kedap udara saat disimpan dalam kulkas,” kata Chef Edrian Tjia dalam acara yang sama.

Baca juga: Sayuran, Lebih Sehat Dimakan Langsung Ketimbang Dijus

Awet dalam kulkas

Di tengah maraknya tren pola makan sehat yang mengutamakan makanan alami, kebutuhan akan kulkas yang bisa menjaga kesegaran buah dan sayur semakin tinggi.

Merek peralatan rumah tangga Electrolux meluncurkan kulkas NutriFresh yang dapat menjaga kesegaran buah dan sayur hingga 7 hari.

Untuk membuktikan klaim tersebut, Electrolux juga mengadakan 7 Days Freshness Challenge yang disaksikan oleh beberapa konsumen, chef, dan juga perwakilan media.

Hasilnya, sayuran dan buah yang terdiri dari jamur, wortel, daun seledri, dan juga stroberi, yang disimpan dalam kulkas Electrolux yang telah disegel rapat sejak tanggal 21 April hingga tanggal 28 April, masih segar.

Pada tantangan kesegaran selama empat hari, kemampuan kulkas ini dalam menjaga kesegaran buah dan sayur dibandingkan dengan beberapa kulkas dari merek pesaing. 

Baca juga: Cara Terbaik Menyimpan Makanan dalam Kulkas

Ilustrasi sayuranpada smith Ilustrasi sayuran

Kulkas Electrolux pun mampu membuktikan klaimnya sebagai kulkas yang bisa menjaga kesegaran buah dan sayur.

Menurut Head of Product Marketing Manager Electrolux Indonesia Hendra Prawita. rahasia kesegaran itu ada pada teknologi FreshShield Crisper, yaitu penutup kedap udara.

“Teknologi ini ada di bagian bawah, berupa karet berwarna biru yang akan menutup rapat sehingga kadar air di dalam buah dan sayur tidak keluar. Dibantu juga dengan pendinginan yang merata. Dua kombinasi itu menjaga buah dan sayur tetap lembab,” papar Hendra.

Tantangan kesegaran 7 hari yang digelar Electrolux itu, lanjut Hendra, bertujuan untuk membuktikan klaimnya kepada konsumen. Tantangan ini sudah mendapat Rekor MURI sebagai kulkas yang mampu menjaga kesegaran buah dan sayur paling lama.

“Setiap konsumen yang membeli kulkas tipe ini akan kami berikan semacam kontrak untuk membuktikan klaim itu. Kalau tidak terbukti menjaga buah dan sayur tetap segar, kami mengembalikan uang 100 persen,” ujarnya.

Sejak diluncurkan di awal tahun 2017, menurut Hendra, hingga saat ini belum ada konsumen yang mengajukan komplain.

“Ini adalah jenis campaign yang mungkin akan kami pakai selamanya,” ujarnya.

Walau harga kulkas ini tergolong premium, yaitu di atas Rp 9 juta, namun menurut Hendra, konsumen justru bisa berhemat karena tidak perlu sering membuang bahan makanan yang busuk karena disimpan lama di kulkas.

Baca juga: Berapa Lama Ikan Segar Bisa Disimpan di Kulkas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com