Tips Kesehatan Mental untuk Milenial yang Lelah

Kompas.com - 30/04/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi cemaskitzcorner Ilustrasi cemas

 

Semua keluhan itu adalah bentuk dari kelelahan mental yang jika tidak diatasi bisa berkembang menjadi depresi. Penelitian menyebut, angka depresi pada kelompok milenial muda terus meningkat.

Tren itu memang mencemaskan. Namun, bukannya kita tidak bisa berbuat apa-apa. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di tengah tuntutan hidup yang tidak ada habisnya.

 

Berikut beberapa kegiatan yang direkomendasikan:

1. Kekuatan berkata “tidak”

Saat dewasa, banyak orang menganggap bahwa jika kita ingin menggunakan kata “tidak” maka harus siap dengan penjelasan yang panjang dan alasannya.

Padahal, kata “tidak” bisa mencegah kita mengalami “burn-out” perasaan lelah bekerja berlebihan. Tak perlu sungkan mengatakan “tidak” jika sudah merasa kewalahan, baik dalam pekerjaan atau hubungan.

2. Membuat jurnal

 

Menuliskan hal menarik dan kita anggap penting di jurnal juga dapat meningkatkan mood. Kita pun akan lebih rileks karena mengijinkan rasa takut, masalah, dan perhatian kita diutamakan.

Lawan Kesepian dengan Kebiasaan Sederhana Ini

3. Yoga di kamar

Kamu mungkin sudah sering mendengar manfaat yoga. Tapi, pernahkah kamu dengan ringan kaki datang ke studio yoga untuk melakukannya?

Untuk orang yang sibuk seperti kamu, bantuan teknologi bisa jadi solusi. Tinggal buka aplikasi Youtube dan lakukan yoga dari dalam kamarmu. Lakukan rutin setiap hari sekitar 10 menit dan rasakan manfaatnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X