Cegah Botak, Konsumsi Makanan yang Menutrisi Rambut

Kompas.com - 01/05/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi rambut rontok Manuel-F-OIlustrasi rambut rontok

KOMPAS.com - Kebotakan merupakan momok yang ditakuti banyak pria. Namun, seiring pertambahan usia, rambut yang menipis bahkan botak terkadang sulit dihindari.

Selain penuaan, kebotakan juga bisa datang lebih awal karena pola makan yang keliru. Apa yang kita makan juga mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut.

Protein, lemak, vitamin dan mineral sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Itu sebabnya kita perlu mengonsumsi beragam makanan karena variasi nutrisinya.

Berikut lima jenis makanan yang dapat membantu rambut tumbuh kuat dan sehat, terutama jika sebelumnya kita mengalami kekurangan nutrisi.

1. Telur

Bitoin, senyawa dalam telur, dipercaya sebagai senyawa atau mineral yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Suplemen penumbuh rambut juga seringkali mengandalkan bitoin untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kita bisa memilih mengonsumsi telur untuk mendapatkannya karena harganya tentu lebih murah. Selain itu, dalam telur juga terkandung nutrisi lain.

2. Kacang brasil

Dalam sebuah artikel di Medical News Today, kacang brasil diketahui kaya akan kandungan selenium atau mineral yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Para ilmuwan percaya ini rambut yang baru terbentuk mengambil selenium setelah menerima elemen jejak dari darah.

Namun, jangan berlebihan mengonsumi kacang brasil karena terlalu banyak selenium dapat menyebabkan rambut rapuh dan rambut rontok. Terlalu banyak selenium juga bisa membuat kita merasa mual.

Halaman:


Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X