Cerita Joko, Sukses Dagang Mukena Bermotif Khas Bali

Kompas.com - 02/05/2019, 06:29 WIB
Pemilik Kampung Souvenir Kurniawan Joko Purnomo dan istrinya, Alda Destiani di tokonya di Denpasar, Senin (29/4/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraPemilik Kampung Souvenir Kurniawan Joko Purnomo dan istrinya, Alda Destiani di tokonya di Denpasar, Senin (29/4/2019).
|
Editor Wisnubrata

DENPASAR, KOMPAS.com - Bali boleh jadi menjadi daerah di Indonesia yang paling terkenal sektor pariwisatannya. Namun, bicara soal busana muslim Bali mungkin belum menjadi preferensi.

Meski begitu, bukan berarti Bali tanpa potensi. Setidaknya itulah yang dilihat oleh, Kurniawan Joko Purnomo, pemilik toko pernak-pernik asal Bali, Kampung Souvenir.

Mukena dan gamis menjadi dua item paling laris dari toko yang berpusat di Denpasar itu.

Joko yang telah merantau ke Bali sejak 2003 itu melihat fesyen Bali banyak diminati. Salah satu bahan yang paling umum dijadikan baju atau kain di Bali adalah rayon.

Sejak 2013 Joko mulai memasarkan mukena Bali yang ternyata semakin tinggi permintaannya.

"Orang kalau cari gamis, mukena itu kebanyakan ke Tasik, Bandung dan yang lain. Tapi ternyata Bali ada potensi dan pengrajin mukena di Bali banyak," kata Joko saat ditemui di tokonya, beberapa waktu lalu.

Bekerjasama dengan penjahit sekitar, Joko mulai memproduksi mukena Bali dan memasarkannya di tingkat lokal. Seiring berjalannya waktu, ia berpikir untuk mengembangkan produknya ke jenis lain, seperti gamis.

Ini dikarenakan permintaan mukena Bali yang semakin meningkat.

"Karena ternyata fesyen muslim dari mukena tersebut banyak yang cari baju gamis Bali dan lainnya, oh saya pikir ini bisa digarap. Akhirnya kami masuk ke gamis," tutur pria asal Probolinggo itu.

Sebagai sarjana programmer, Joko melihat dulu belum banyak penjual souvenir di Bali yang menyentuh toko online. Joko pun mulai membuat situs jualan pada 2009. Pada September 2017 ia bergabung dengan marketplace Shopee dan sudah menjadi Seller of The Month pada Februari 2018.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X