Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Youtuber Ini Edit Foto Palsukan Liburan Keliling Eropa

Kompas.com - 03/05/2019, 08:48 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Video dan foto usil (prank) semakin populer di media sosial. Salah satu Youtuber asal London mengikuti tren ini dengan membuat foto-foto palsu liburannya selama 8 hari di Eropa.

George Mason (21) merupakan Youtuber dari London, Inggris. Kemampuannya mengedit foto membuatnya dengan mudah membuat foto-foto palsu liburan keliling 5 negara Eropa yang diunggahnya ke Instagram.

Ia kemudian mengungkap kejahilannya itu di channel Youtube-nya dengan judul “I Faked going on Holiday for a whole Week *Photoshopping My Instagram* Prank.”

Video yang menampilkan cara-cara mengedit foto itu ditonton lebih dari 7 juta orang.

Mason mengatakan, ia membuat foto liburan palsu itu dilatari oleh hubungan benci-cinta kepada media sosial.

Ia juga mengaku telah membaca beberapa artikel tentang influencer yang memalsukan gaya hidup mewah atau pun para model mengedit foto mereka di photoshop agar tubuhnya terlihat ideal. 

Mason pun memutuskan untuk mengetahui sejauh apa ia bisa melakukannya.

“Aku sampai pada titik ingin mencobanya sendiri dan melihat seberapa sulit sebenarnya memalsukan hidup di dunia online,” katanya kepada Insider.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Bisa Memperburuk Hobi Belanja

Ia lalu mengunggah foto-foto dan Instagram stories untuk meyakinkan followernya bahwa ia sedang liburan keliling Eropa. Pada awalnya ia mengunggah foto “sedang di Spanyol” dan hanya beberapa komentar yang menyebut itu adalah tipuan.

Mason pun melanjutkan mengunggah foto berlatar Menara Effiel. Menurutnya, banyak orang yang percaya fotonya, walau ia juga mulai kehilangan beberapa follower. Tapi, ia tak menyerah dan kembali mengunggah foto seolah sedang di Amsterdam, Belanda.

Ketika ia mengunggah foto palsu sedang di Roma, ia memang menerima banyak komentar karena mengedit foto. Demikian pula halnya dengan beberapa foto-foto palsu lainnya.

Ia pun kemudian meneruskan percobaannya dengan mengunggah Instagram story seolah ia sedang di bandara bersiap untuk pulang.

Walau sebagian followernya mengaku sudah tahu bahwa Mason memalsukan foto, tetapi kebanyakan mengaku kaget dan tak menyangka.

Baca juga: Menghilangkan Rasa Iri Akibat Media Sosial

“Aku pun terkejut betapa mudahnya memalsukan foto. Pada beberapa foto pertama tak ada yang mempertanyakan, dan itu mengkhawatirkan,” katanya.

Mason pun kemudian membagi trik mengedit foto melalui Youtube.

Ia mengatakan, yang jadi masalah adalah jika orang mengedit foto bukan untuk tujuan main-main, tapi membuat hidupnya terlihat mewah.

“Itu akan menimbulkan banyak masalah. Membuat banyak orang akan menginginkan sesuatu yang tidak nyata,” katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com