Kompas.com - 03/05/2019, 11:00 WIB
Patrick Eslick sebelum dan sesudah melakukan program diet. VIA MENSHEALTHPatrick Eslick sebelum dan sesudah melakukan program diet.

KOMPAS.com - Patrick Eslick ingat ketika pertama kali seseorang berkomentar tentang berat badannya di kelas dua sekolah dasar.

Keadaan menjadi lebih buruk selama masa remajanya. Tak hanya karena ukuran tubuhnya yang semakin besar, tetapi juga kesadaran bahwa ia adalah seorang penyuka sesama jenis.

Eslick saat itu mulai menghindar dari kegiatan fisik yang diikuti anak laki-laki lain, seperti sepak bola atau bisbol.

Ia lalu menghabiskan banyak waktu di sofa sendirian untuk ngemil. Kebiasaan ngemil dan minumnya menjadi kian buruk ketika ia memasuki perguruan tinggi.

Berat badannya mencapai 154 kilogram. Tentu saja, kondisi itu membuatnya merasa tertekan, cemas, dan melahirkan rasa tidak nyaman.

Hingga suatu ketika ia berusaha untuk berubah. Saat itu, Eslick merasa mencapai target berat badan 90 kilogram adalah hal yang mustahil.

Baca juga: Diet Rendah Karbohidrat Efektif Turunkan Berat Badan, Apa Alasannya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi, tak disangka perubahan hidupnya dimulai dari sesuatu yang sederhana. Lulus perguran tinggi membuat pola pikirnya berubah.

"Rasanya seperti kesempatan sempurna untuk membuat perubahan besar dalam hidupku,” kata Eslick.

Eslick merasa dirinya adalah orang dewasa yang memiliki tanggungjawab pekerjaan yang lebih dari sekadar mengurus diri sendiri.

Ia merasa, jika tidak melakukan perubahan maka perubahan itu tak akan pernah ada.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X