Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Kulit Kepala Ini Bisa Bikin Pria Enggak Percaya Diri

Kompas.com - 03/05/2019, 19:19 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah kulit kepala pada pria bukan hanya ketombe. Ada persoalan lain yang jarang dianggap serius, namun bisa mengurangi kepercayaan diri.

Adalah dermatitis seboroik, yang merupakan salah satu masalah kulit kepala. Dokter spesialis kulit dan kelamin Yuda Ilhamsyah mengungkapkan, dermatitis seboroik adalah semacam eksim yang dimulai dari kelenjar minyak yang mengalami inflamasi.

"Pemicunya macam-macam, mulai dari stres seperti mau ujian dan presentasi, lalu kurang makan dan tidur," kata dokter dari Bamed Skin Care tersebut, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Menurut Yuda, sekalipun perempuan mengalami, pria kini lebih sering datang mengeluhkan masalah kulit kepala tersebut. Rata-rata pasien pertama kali mengganggap masalah tersebut sebagai ketombe.

Namun Yuda menegaskan bahwa hal tersebut berbeda, karena ketombe ringan, sementara dermatitis seboroik lebih berat dan besar.

Area yang biasa terkena seperti perbatasan kulit kepala, lalu di bagian depan kepala dan telinga bagian belakang. 

Yuda merekomendasikan agar gangguan ini segera ditangani karena berisiko mengganggu kualitas hidup yang disebabkan gatal, kemerahan dan bersisik hingga infeksi jika digaruk sampai berdarah.

Untuk penaganan, menurut Yuda, adalah dengan manajemen stres, dan memperbaiki pola tidur serta makan.

"Ada juga anti radang, tapi tak bisa diberikan terus-terusan. Karena kalau sudah membaik, tidak dilanjutkan lagi," ujar Yuda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com