Kompas.com - 03/05/2019, 19:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah kulit kepala pada pria bukan hanya ketombe. Ada persoalan lain yang jarang dianggap serius, namun bisa mengurangi kepercayaan diri.

Adalah dermatitis seboroik, yang merupakan salah satu masalah kulit kepala. Dokter spesialis kulit dan kelamin Yuda Ilhamsyah mengungkapkan, dermatitis seboroik adalah semacam eksim yang dimulai dari kelenjar minyak yang mengalami inflamasi.

"Pemicunya macam-macam, mulai dari stres seperti mau ujian dan presentasi, lalu kurang makan dan tidur," kata dokter dari Bamed Skin Care tersebut, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Menurut Yuda, sekalipun perempuan mengalami, pria kini lebih sering datang mengeluhkan masalah kulit kepala tersebut. Rata-rata pasien pertama kali mengganggap masalah tersebut sebagai ketombe.

Namun Yuda menegaskan bahwa hal tersebut berbeda, karena ketombe ringan, sementara dermatitis seboroik lebih berat dan besar.

Area yang biasa terkena seperti perbatasan kulit kepala, lalu di bagian depan kepala dan telinga bagian belakang. 

Yuda merekomendasikan agar gangguan ini segera ditangani karena berisiko mengganggu kualitas hidup yang disebabkan gatal, kemerahan dan bersisik hingga infeksi jika digaruk sampai berdarah.

Untuk penaganan, menurut Yuda, adalah dengan manajemen stres, dan memperbaiki pola tidur serta makan.

"Ada juga anti radang, tapi tak bisa diberikan terus-terusan. Karena kalau sudah membaik, tidak dilanjutkan lagi," ujar Yuda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.