Kompas.com - 06/05/2019, 15:00 WIB
Sejumlah anak mengikuti pawai obor jelang Ramadhan 1440 H  di kawasan Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2019). Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1440 H / 1 Ramadhan 2019 atau awal Puasa Ramadhan pada Minggu (5/5/2019) mulai pukul 17.00 sampai 19.00 WIB.  ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJASejumlah anak mengikuti pawai obor jelang Ramadhan 1440 H di kawasan Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2019). Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1440 H / 1 Ramadhan 2019 atau awal Puasa Ramadhan pada Minggu (5/5/2019) mulai pukul 17.00 sampai 19.00 WIB. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.

KOMPAS.com - Mulai hari Senin (6/5/2019) umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa

Bagi yang berpuasa, mereka harus menahan haus, lapar dan segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Durasi waktu berpuasa di setiap negara berbeda karena adanya pebedaan musim dan lokasi.

Menurut riset dari CupoNation- portal diskon online di Indonesia yang beroperasi di 20 negara- durasi puasa di Indonesia tahun ini adalah 13 jam 23 menit di hari pertama dan 13 jam 21 menit di hari terakhir.

Indonesia menduduki peringkat ke-2 sebagai negara dengan durasi puasa terpendek se-Asia dan peringkat ke-33 di dunia.

Peringkat pertama negara dengan duras puasa tersingkat di Asia adalah Timor Leste, dengan durasi puasa 13 jam sembilan menit di hari pertama dan 13 jam empat menit di hari terakhir.

Durasi puasa tersingkat di dunia tahun ini dipegang oleh Selandia Baru dengan durasi 11 jam 10 menit.

Daftar negara dengan durasi puasa tersingkat dan terpanjangCupoNation Daftar negara dengan durasi puasa tersingkat dan terpanjang

Baca juga: Konsumsi Susu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Saat Puasa

Sementara itu, durasi puasa terlama tahun ini adalah 21 jam 42 menit di Greenland, negara dengan waktu puasa terpanjang di dunia.

Data dalam studi ini dikumpulkan dari Muslimpro. Durasi puasa setiap negara dihitung berdasarkan waktu Imsak atau 10 menit lebih awal sebelum masuknya waktu Subuh.

Total negara yang disurvei dalam studi ini berjumlah 180 negara yang tersebar dari berbagai benua. Ranking negara diurut berdasarkan durasi puasa pada hari terakhir bulan Ramadhan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CupoNation
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.