BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bearbrand

Tips Sehat agar Kamu Fit Selama Puasa

Kompas.com - 06/05/2019, 16:48 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Beberapa hari ini Bayu merasakan pegal-pegal pada tubuhnya. Selain itu, sensasi berat pada tengkuk, nyeri sendi, hingga sakit kepala kerap pula ia rasakan.  

Kondisi tersebut diakui Bayu cukup mengganggu, terutama saat ia sedang bekerja. Tak ingin berlarut-larut, ia pun pergi memeriksakan diri ke dokter.  

Ternyata hasil pemeriksaan cukup membuat pria 29 tahun tersebut terkejut lantaran ditemukan kadar kolestrol lumayan tinggi. Inilah yang memicu masalah kesehatan Bayu belakangan ini.

Sejak saat itu, Bayu  bertekad untuk memperbaiki pola makan demi menjaga kesehatannya, apalagi bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Sudah barang tentu ia tak ingin absen untuk menunaikan ibadah puasa.

Bicara soal puasa di bulan Ramadhan, tentunya bukan hanya Bayu yang ingin dapat menjalaninya secara penuh. Umat Muslimnya lainnya pun menginginkannya.

Lalu, bagaimana menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan Ramadhan nanti? Berikut tipsnya.

Hidup sehat jelang dan selama Ramadhan

Peneliti obat tidur di Standford University dan University of California, Cheri Mah pada laman

Times, (10/6/2015) mengungkapkan, hal paling esensial yang perlu Anda lakukan untuk menuju hidup sehat adalah mengubah pola tidur.

Saat Ramadhan, pola tidur orang berpuasa berubah. Mereka akan bangun lebih pagi untuk sahur. Nah, jika biasanya Anda baru tidur di atas pukul 11 malam, maka cobalah tidur pada jam 9 malam.

Sementara durasi tidur malam idealnya adalah sekitar tujuh jam seperti yang disarankan oleh National Sleep Foundation. Jadi tak ada salahnya jika Anda melanjutkan sisa durasi tidur yang tersisa selepas sahur.

ilustrasi makanan sehatShutterstock ilustrasi makanan sehat

Selanjutnya adalah mengatur pola makan. Jika sebelumnya Anda terbiasa makan tiga kali sehari dalam porsi banyak, maka mulailah usaha untuk menjaga asupan makanan. 

Makan pun tak boleh asal kenyang, karena salah-salah apa yang dialami Bayu di atas bisa terjadi pada Anda. Oleh karena itu, sangatlah penting memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan kita.

Contohnya karbohidrat. Zat ini sangat penting karena berfungsi sebagai sumber energi selama menjalani puasa nanti. Untuk mendapatkannya, Anda bisa konsumsi gandum, beras, atau produk gandum lainnya.

Selain itu makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, telur, ikan, ayam dan daging juga perlu untuk dikonsumsi. Selanjutnya, Anda tinggal menyeimbangkan dengan sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Terakhir, lengkapi dengan susu karena nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu

Anda mendapatkan tubuh yang fit meski dalam kondisi puasa seharian.

Jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih susu siap saji seperti Bear Brand yang mengandung 100 persen susu murni tanpa bahan pengawet. 

Selain praktis, susu kemasan kaleng ini juga mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap fit selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan nanti. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa awali dengan satu kaleng saat sahur setiap harinya.

Terakhir adalah mulai membiasakan diri untuk berolahraga. Namun pada saat puasa nanti, sebaiknya pilih jenis olahraga ringan yang tak menghabiskan banyak energi, misalnya jalan santai, jogging, atau bersepeda.  

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, diharapkan Anda siap menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan nanti. Bahkan full hingga Hari Raya tiba.  

Nah jika selama ini Anda sekadar niat tanpa usaha apalagi aksi, ini saatnya ubah #NiatDoang menjadi #NiatMurni, juga #1KalengSaatSahur.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com