Agar Puasa Lancar, Terapkan 5 Tips Berikut Ini

Kompas.com - 07/05/2019, 07:26 WIB
Ilustrasi bopavIlustrasi

KOMPAS.com - Di bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk melakukan puasa. Rupanya, selain merupakan kewajiban agama, ada juga manfaat kesehatan di balik puasa.

"Ada berbagai cara untuk berpuasa. Terkadang puasa berarti menghindari jenis makanan tertentu, seperti karbohidrat atau lemak," ucap dokter spesialis pencernaan Nizar N. Zein.

Menurutnya, terkadang puasa juga bisa dilakukan hanya dengan mengurangi kalori secara keseluruhan.

Lalu ada juga jenis puasa yang dilakukan dengan tidak makan dan minum sama sekali selama sehari atau lebih.

Banyak agama mempromosikan puasa sebagai disiplin spiritual. Namun, literatur medis menunjukkan puasa dapat merangsang penurunan berat badan, mengurangi peradangan dari kondisi kronis, meningkatkan tekanan darah, dan mengurangi kolesterol.

"Ada juga teori ba,hwa puasa berkala dapat membantu kita hidup lebih lama, meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif," kata Dr. Zein.

Baca juga: Tips Sehat Agar Kamu Fit Selama Puasa

Lalu, bagaimana cara tepat memulai puasa?

Demi menjaga kesehatan dan tingkat energi, berikut tips dari Dr. Zein bagi kita yang ingin memulai puasa tanpa makan sama sekali.

1. Lakukan secara bertahap

Kurangi makan dan minum secara bertahap selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu sebelum puasa. Memulai puasa dengan tiba-tiba akan membuat tubuh terkejut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X