Kompas.com - 07/05/2019, 08:58 WIB
JJ Sweeney, pakar kebugaran yang juga CEO Paradigm Fitness, Jakarta, saat memaparkan tentang beragam jenis puasa untuk kesehatan. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTOJJ Sweeney, pakar kebugaran yang juga CEO Paradigm Fitness, Jakarta, saat memaparkan tentang beragam jenis puasa untuk kesehatan.

KOMPAS.com - Selain berpuasa dalam konteks bulan suci Ramadhan, ada pula beberapa jenis puasa yang dilakukan untuk kebutuhan kesehatan dan kebugaran.

JJ Sweeney, pakar kebugaran yang juga CEO Paradigm Fitness, Jakarta, beberapa waktu lalu memaparkan tentang beragam jenis puasa tesebut.

“Sebetulnya, program 'ber-puasa' yang dihubungkan dengan kesehatan itu ada banyak jenisnya, dan harus disesuaikan dengan kondisi serta tujuan dari setiap individu," kata dia.

Yang pertama adalah metode 16/8. Dalam metode puasa ini, kita dapat menjalani puasa selama 16 jam setiap hari.

"Kemudian ada juga yang dengan menggunakan pola diet 5:2, yakni dengan melakukan puasa total selama dua hari dalam satu minggu," kata dia.

Baca juga: Agar Puasa Lancar, Terapkan 5 Tips Berikut Ini

Lalu,  Sweeney menyebut pola puasa, "Eat-Stop-Eat" di mana kita berpuasa selama 24 jam, selama 1-2 kali dalam seminggu.

Kemudian ada alternate day fasting, yang memberikan pilihan metode berpuasa secara bergantian setiap hari.

Selanjutnya, warrior diet di mana pelakunya melakukan puasa dari pagi hingga sore, dan kembali makan besar pada malam hari.

"Saya pernah mencoba semua metode ini, dan pada dasarnya semua bergantung pada pilihan kita masing-masing," ungkap Sweeney.

Dia menjelaskan, selama fase puasa untuk kesehatan itu, pelaku hanya bisa meminum air putih.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.