Kompas.com - 07/05/2019, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan membawa perubahan terhadap segala rutinitas harian. Termasuk dalam perawatan kulit. Karena konsumsi cairan berkurang, kulit pun rentan kering.

Sejumlah pakar bicara mengenai pentingnya memerhatikan kulit di tengah masalah kulit kering dan jerawat yang biasa terjadi di Bulan Ramadhan.

1. Minum banyak air

Selama bulan puasa, kulit akan mengalami dehidrasi karena berkurangnya asupan cairan. Jadi, hal terpenting yang bisa dilakukan adalah merawat kulit dengan minum banyak air setelah berbuka puasa.

Selain itu, jagalah kulit tetap terhidrasi dengan menggunakan krim pelembap wajah dan tubuh. Ketika bepergian ke luar rumah, jangan lupa menggunakan krim tabir surya.

Spesialis dermatologi di Canadian Specialist Hospital, Dr Ali Akbar mengatakan, 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Semua sistem dalam tubuh bergantung pada air, termasuk kulit.

Baca juga: 10 Manfaat Memenuhi Cairan Tubuh

2. Kesehatan internal

Spesialis dermatologi dari Medcare Hospital Sharjah, Dr Bassant Ezzat, menyarankan untuk menghindari lemak jenuh dan karbohidrat, terutama makanan olahan dan produk tepung putih.

Memilih gula stevia daripada gula putih bisa menjadi alternatif untuk menjaga vitalitas dan kulit berkilau.

Hindari sinar matahari langsung dan gunakan tabir surya 50+. Jika cuaca panas, gunakan setiap dua jam sekali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.