Tampilan "Tukar Gender" Para Selebritas di Met Gala 2019

Kompas.com - 08/05/2019, 16:00 WIB
Harry Styles di acara Met Gala 2019. cbsnewsHarry Styles di acara Met Gala 2019.

KOMPAS.com - Rasanya tak ada undangan acara Met Gala yang tidak tampil unik dan provokatif. Ini adalah ajang terbesar di dunia fashion.

Di ajang Met Gala 2019 yang bertemakan "Camp: Notes on Fashion" sejumlah pesohor tampil dengan busana yang berani bahkan menantang norma gender.

Seperti pria yang mengenakan kain tipis, riasan wajah dan pakaian ketat, sementara wanita mengenakan jas dan tampilan maskulin tradisional. Semuanya berusaha mewujudkan dress code yang diberikan panitia.

Para selebritas yang tampil dengan busana 'tukar gender' tersebut dianggap bisa membantu kaum muda yang berjuang dengan identitas gender dan stereotip.

Film dokumenter CBSN Originals yang berjudul "Gender: The Space Between", misalnya, menampilkan sekelompok anak muda non-biner dan mengeksplorasi arti dari mengidentifikasi sesuatu di luar dirinya.

Karya itu juga menyoroti risiko yang diambil banyak anak muda hanya untuk mengekspresikan perasaan terdalam mereka.

"Dibutuhkan keberanian luar biasa untuk menjadi seseorang itu karena kita akan ditatap oleh orang lain, ditindas dan dilecehkan," kata sj Miller dari Pusat Penelitian NYU tentang Penelitian Keadilan dan Transformasi Sekolah, dalam sebuah artikel di 2017.

Diskriminasi yang didapatkan dari alasan identitas gender bisa terjadi di sekolah, tempat kerja, bahkan akses ke ruang sosial.

Ketika berjalan di tempat umum, kepala orang-orang akan berbalik karena mengidentifikasi tampilan dan itu sangat menakutkan bagi mereka yang mengalaminya.

Bagi mereka, melihat selebritas favorit mereka dielu-elukan karena mengenakan sesuatu yang di luar norma gender memberi kesan bahwa mereka, pada kenyataannya, baik-baik saja sekalipun tampil menjadi dirinya sendiri.

Baca juga: Cara Selebritas Menampilkan Busana Sesuai Tema Met Gala 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X