Kompas.com - 09/05/2019, 09:20 WIB
Koper Rimowa dan karya seni pahatan yang mengambil ide dari koper tersebut rimowaKoper Rimowa dan karya seni pahatan yang mengambil ide dari koper tersebut
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Rimowa dan seniman kontemporer Daniel Arsham menghidupkan kembali koper vintage dari Rimowa Archive.

Diluncurkan pada 2 Mei 2019 saat pameran seni Frieze di New York, koper ini terinspirasi oleh koper-koper kamera Rimowa yang ikonik selama beberapa dekade terakhir.

Arsham menggunakan desain dari koper orisinalnya untuk menciptakan karya seni yang ia beri nama “eroded suitcase”.

Disajikan sebagai objek arsip, lengkap dengan sarung tangan perawatan, karya seni pahatan ini ditempatkan dalam koper vintage yang menginspirasi karya seni tersebut, Rimowa Classic Attaché.

Eroded suitcase, koper Rimowa x Daniel ArshamRIMOWA Eroded suitcase, koper Rimowa x Daniel Arsham
Dengan mengadopsi bahasa dari masa depan dan lampau secara bersamaan, Arsham seolah menggabungkan antara arkeologi dan fiksi ilmiah.

Mirip dengan seri "Future Relic" (2013-2018), di mana Arsham membayangkan berbagai objek sehari-hari sebagai penemuan arkeologis dari masa depan, dari sebuah dunia dystopia--karya seni eroded suitcase Rimowa tampak seperti diambil dari tanah dan puing-puing, seakan digali dari situs penggalian arkeologi.

Satu-satunya petunjuk yang kontras adalah warna putih dari karyanya yang memperkuat kesan objek berasal dari dunia lain. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Eroded suitcase" dipamerkan bersama dengan karya-karya lainnya yang serupa seperti kamera Polaroid, pemutar kaset, dan ponsel yang tampak seperti peninggalan benda-benda bersejarah yang terkikis secara fisik.

Hal ini menunjukkan, teknologi baru bisa dengan cepat menjadi suatu hal yang kuno.

Seri "Future Relic" juga mencakup beberapa film yang diproduksi Arsham tentang objek-objek ini yang dibintangi oleh aktor-aktor seperti James Franco, Juliette Lewis, dan Mahershala Ali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.