Kompas.com - 09/05/2019, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Meluangkan waktu sedikit setiap hari untuk menuliskan apa yang kamu makan dan minum terbukti membantu menurunkan berat badan.

Seperti dilansir laman Health Cleveland, dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, 142 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas membuat jurnal apa saja yang mereka makan dan mengadakan sesi kelompok online tentang strategi penurunan berat badan selama enam bulan.

Hanya butuh 15 menit setiap hari untuk mencatat makanan, dan mereka yang melakukannya mengalami penurunan bobot paling banyak.

"Orang-orang yang secara konsisten membuat catatan, kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak," kata Leslie Heinberg, Direktur Enterprise Weight Management. 

Menurut Heinberg, studi ini memperkuat apa yang sudah diketahui para ahli selama bertahun-tahun, yakni membuat jurnal makanan adalah cara efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Ia menyebut, mengubah gaya hidup akan terasa sulit jika tidak memiliki data. Oleh karena itu, catatan harian dianggap sebagai "GPS" yang bisa membimbing orang ke tempat yang mereka butuhkan.

Baca juga: 3 Trik Hentikan Diet Keto Tanpa Alami Kenaikan Berat Badan

Heinberg menambahkan, kunci kesuksesan adalah mengikuti jurnal makanan seiring waktu. Yang penting dilakukan konsisten, seperti halnya menyikat gigi yang sudah jadi rutinitas.

Sebagian besar dari kita menghabiskan lebih dari 15 menit sehari di media sosial dan email. Kita pun bisa memanfaatkan aplikasi untuk membuat proses pencatatan lebih mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.