Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meghan Markle dan Tradisi Melahirkan di Rumah Keluarga Kerajaan

Kompas.com - 10/05/2019, 07:44 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber ABCNews

KOMPAS.com - Pangeran Harry dikenal sebagai sosok yang selalu melakukan banyak hal sesuai caranya, termasuk dalam menjaga privasi kelahiran putra pertamanya, Archie.

Keputusan The Duke and Duchess untuk melindungi dengan ketat privasi bayinya itu sebenarnya melanggar tradisi dalam keluarga kerajaan. Pangeran William dan sepupu Harry misalnya, bersikap lebih terbuka ke publik tentang kelahiran anak-anaknya.

Harry dan Meghan memilih persalinan di rumah mereka di Frogmore Cottage di Windsor, sebelah barat London. Alasannya adalah untuk mendapatkan privasi dalam momen yang sangat spesial tersebut.

Pasangan ini juga tidak mengungkapkan bagaimana cara persalinan Archie.

Melahirkan di rumah sebenarnya merupakan tradisi lama di keluarga kerajaan Inggris. 

Ratu Victoria melahirkan 9 anaknya di rumah, di ruangan yang dihadiri oleh para menteri dan keluarga dekat. Tradisi tersebut terus berlangsung sampai abad ke-20. 

Ratu Elizabeth juga lahir di rumah ayahnya di pinggiran London. Ia sendiri melahirkan putra pertamanya, Pangeran Charles di Istana Buckingham tahun 1948.

Baca juga: Putra Meghan dan Harry Tak Pakai Gelar Kerajaan

Walau pun persalinan itu dilakukan di rumah, namun wanita kerajaan mendapatkan perawatan medis seperti di rumah sakit.

“Ratu Elizabeth memang melaihrkan di rumah, tetapi Pangeran Charles dilahirkan lewat operasi caesar dengan bantuan dokter bedah yang siap di sana,” kata pakar kerajaan, profesor Giselle Bastin.

Suaminya, Pangeran Philips, ada di gedung lain bermain squash sambil menunggu persalinan putranya. Baru pada persalinan Pangeran Edward di tahun 1964 ia hadir di ruang persalinan.

Zaman dahulu sebagian anggota senior kabinet pemerintahan memang harus ada di ruangan saat persalinan anggota kerajaan. 

“Mereka  harus ada di sana untuk menyaksikan kelahiran keluarga kerajaan dan memastikan bayinya tidak diselundupkan,” kata perdana menteri Theresa May di tahun 2013.

Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak pertama mereka ke publik di St Georges Hall, Windsor Castle, London, Rabu (8/5/2019) waktu setempat. Anak yang mereka beri nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu berada di urutan ketujuh suksesi kerajaan Inggris.AFP/POOL/DOMINIC LIPINSKI Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak pertama mereka ke publik di St Georges Hall, Windsor Castle, London, Rabu (8/5/2019) waktu setempat. Anak yang mereka beri nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu berada di urutan ketujuh suksesi kerajaan Inggris.

Lindo Wing

Berakhirnya tradisi melahirkan di rumah dimulai oleh Putri Anne, wanita bangsawan pertama yang memilih melahirkan di rumah sakit. Ia melahirkan anaknya Peter dan Zara di Lindo Wing, rumah sakit St.Mary, London.

Para putri-putri kerajaan pun kemudian memilih persalinan eksklusif di Londo Wing, termasuk Putri Diana dan Kate Middleton.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABCNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com