Tips Mencegah dan Mengatasi Rasa Haus Saat Sedang Puasa

Kompas.com - 11/05/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi haus shutterstockIlustrasi haus
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian orang lebih sulit menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam menjalankan ibadah puasa karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan sakit kepala.

Sebenarnya, adakah cara mudah untuk mencegah dan mengatasi rasa haus saat puasa?

Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat kita merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan. Apa lagi saat di siang hari, kita pasti akan merasakan kehausan.

Hal ini wajar saja dirasakan karena saat berpuasa kita menahan diri untuk tidak minum atau makan, sehingga akan kekurangan cairan atau sering disebut dehidrasi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa haus terkadang tidak tertahankan. Selain kegiatan yang menguras cairan tubuh dan kondisi cuaca yang panas dengan kelembaban yang tinggi, faktor makanan yang kita konsumsi saat makan sahur juga turut mempengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat berbuka maupun sahur. Besar kemungkinannya saat berbuka puasa kita cenderung mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat, sehingga mudah merasa haus dan lapar.

Sekali lagi, memperhatikan pola makan saat bulan puasa, sangat penting untuk kondisi tubuh. Ada baiknya kita biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi rasa haus saat puasa ramadhan.

Bagaimana cara mengatasi haus saat puasa?

Menjaga suhu tubuh tetap normal bisa membantu kita untuk tidak mudah merasa haus, apalagi jika memiliki banyak kegiatan di luar ruangan.

Jika tubuh menjadi terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh adalah mandi atau berendam dengan air yang sejuk.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X