Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2019, 10:10 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menikmati secangkir kopi di pagi hari atau di sela-sela pekerjaan sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Selain nikmat, ternyata, ada manfaat besar di balik kebiasaan ini. Riset menyebutkan, minum sedikitnya dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.

Riset ini telah dipublikasikan dalam European Journal of Epidemiology, dan dilakukan dengan menganalisis studi terdahulu tentang manfaat minum kopi.

Dengan menganalisis 40 studi yang meliputi 3.852.651 subyek dan 450.256 penyebab kematian, peneliti menemukan minum kopi dapat menurunkan risiko kematian dini karena sebab apapun.

Bahkan, manfaat tersebut bisa kita dapatkan terlepas dari usia, status kelebihan berat badan, minum alkohol, status merokok, dan kandungan kafein dalam kopi yang dikonsumsi.

Menurut peneliti, konsumsi kopi moderat- seperti dua hingga empat cangkir sehari- dapat menurunkan semua kematian spesifik dan penyebabnya dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Selain meningkatkan harapan hidup, minum kopi juga mengurangi risiko perkembangan kanker dan kematian karenanya, penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit pernapasan.

Riset ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kopi dan kematian di berbagai subpopulasi berdasarkan karakteristik subjek, seperti penuaan, obesitas, dan faktor gaya hidup lainnya yang memengaruhi kematian.

Ini bukan pertama kali manfaat kesehatan dari mengonsumsi kopi dibuktikan lewat riset ilmiah.

Sebelumnya, riset mendapati bahwa kopi dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat, meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan manfaat kopi saat berpuasa?

Meski tak ada larangan untuk minum kopi saat berpuasa, kita tidak bisa sembarangan minum kopi pada saat sahur atau berbuka.

Baca juga: Waspadai, Kalori Kopi Plus Granola Lebih Tinggi dari Nasi

Orang yang biasa minum kopi akan mengalami efek samping jika tiba-tiba tidak minum kopi sama sekali. Efek samping yang sama juga akan muncul jika kita minum kopi terlalu banyak.

Berhenti minum kopi secara tiba-tiba dan minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan sakit kepala dan badan lemas.

Selain karena kandungan kafeinnya, beberapa orang menambahkan gula yang bisa membuat gula darah cepat melonjak saat puasa.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com