Menurut Riset, Minum Kopi dapat Tingkatkan Harapan Hidup

Kompas.com - 13/05/2019, 10:10 WIB
Ilustrasi kopi 5secondIlustrasi kopi

KOMPAS.com - Menikmati secangkir kopi di pagi hari atau di sela-sela pekerjaan sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Selain nikmat, ternyata, ada manfaat besar di balik kebiasaan ini. Riset menyebutkan, minum sedikitnya dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan harapan hidup hingga dua tahun.

Riset ini telah dipublikasikan dalam European Journal of Epidemiology, dan dilakukan dengan menganalisis studi terdahulu tentang manfaat minum kopi.

Dengan menganalisis 40 studi yang meliputi 3.852.651 subyek dan 450.256 penyebab kematian, peneliti menemukan minum kopi dapat menurunkan risiko kematian dini karena sebab apapun.

Bahkan, manfaat tersebut bisa kita dapatkan terlepas dari usia, status kelebihan berat badan, minum alkohol, status merokok, dan kandungan kafein dalam kopi yang dikonsumsi.

Menurut peneliti, konsumsi kopi moderat- seperti dua hingga empat cangkir sehari- dapat menurunkan semua kematian spesifik dan penyebabnya dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Selain meningkatkan harapan hidup, minum kopi juga mengurangi risiko perkembangan kanker dan kematian karenanya, penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit pernapasan.

Riset ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kopi dan kematian di berbagai subpopulasi berdasarkan karakteristik subjek, seperti penuaan, obesitas, dan faktor gaya hidup lainnya yang memengaruhi kematian.

Ini bukan pertama kali manfaat kesehatan dari mengonsumsi kopi dibuktikan lewat riset ilmiah.

Sebelumnya, riset mendapati bahwa kopi dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat, meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X