Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2019, 11:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Label pakaian olahraga Amerika Serikat, Nike, merilis fitur AR baru dalam aplikasi Nike yang bertujuan agar pengguna menemukan ukuran sepatu yang sempurna.

Menurut Nike, seperti dilansir laman Fashion United, 60 persen orang kemungkinan mengenakan ukuran sepatu yang salah. Untuk itulah, Nike Fit hadir. 

Fitur pemindaian baru tersebut menggunakan kombinasi computer vision, data science, machine learning, artificial intelligence dan recommendation algorithms

Hal tersebut, menurut Nike, memberikan keunggulan dibandingkan metode pengukuran tradisional yang tidak menyediakan data yang hampir mencukupi untuk mendapatkan sepatu yang pas. 

Bagaimana cara kerjanya? Dalam aplikasi Nike, pembeli akan dapat memilih opsi baru pada bagian ukuran sepatu apa pun yang akan menarik Nike Fit. Dengan menggunakan kamera ponsel cerdas mereka, fitur “hyper-accurate“ kemudian akan mengumpulkan 13 titik data yang memetakan morfologi untuk kedua kaki. 

Baca juga: Banyak yang Tak Sadar Ukuran Sepatu Bisa Berubah-ubah

Dimensi kaki yang unik kemudian dapat disimpan di profil anggota NikePlus dan digunakan untuk belanja online dan toko.

"Jika sudah menggunakan Nike Fit untuk memindai kaki dan pergi untuk membeli Nike Cortez di aplikasi Nike, kamu tidak akan melihat serangkaian ukuran lagi, tapi hanya ukuran kamu,” kata Nike.

Kendati demikian, jika kamu pergi untuk membeli Nike Air Zoom Pegasus, kamu mungkin melihat ukuran lain. Sebab, sepatu yang berbeda dibuat dengan maksud kinerja yang berbeda. 

Fitur Nike Fit baru dilaporkan akan mulai diluncurkan pada bulan Juli 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com