Kompas.com - 13/05/2019, 12:52 WIB
Ilustrasi marah shutterstockIlustrasi marah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa apa yang kita pikirkan memiliki dampak langsung pada perasaan kita.

Jika kita memikirkan banyak hal negatif, misalnya, ada kemungkinan kita akan mulai merasakan ketegangan secara fisik.

Tetapi, bagaimana pikiran itu bisa mempengaruhi kesehatan kita dari waktu ke waktu?

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh American Psychological Association menemukan bahwa kemarahan membawa dampak yang lebih merugikan daripada kesedihan ketika dikaitkan dengan risiko peradangan dan penyakit kronis pada orang-orang tua.

Untuk menemukan ini, para peneliti mempelajari sekelompok orang dewasa berusia 59 hingga 93 tahun dan mencatat frekuensi perasaan marah dan sedih mereka. Kemudian, para peneliti bertanya apakah mereka memiliki penyakit kronis dan juga menguji tingkat peradangan yang mereka alami.

"Kami menemukan bahwa kemarahan setiap hari sangat erat kaitannya dengan risiko tingkat peradangan dan penyakit kronis yang lebih tinggi untuk orang yang berusia 80 tahun ke atas, tetapi tidak untuk usia yang lebih muda," kata salah satu penulis studi Carsten Wrosch, Ph.D., dari Concordia University.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, kesedihan tidak berkaitan dengan risiko peradangan maupun penyakit kronis.

Studi menunjukkan bahwa mereka yang berusia di bawah 80 tahun lebih tidak rentan karena mereka merasa seolah masih dapat mengambil suatu tindakan untuk mengontrol amarah mereka.

Sedangkan orang tua berusia 80 tahun ke atas mungkin tidak memiliki kemampuan untuk membuat perubahan seperti cepat, sehingga emosi negatif bisa cepat terbangun.

Temuan ini menunjukkan pentingnya mengembangkan strategi yang lebih baik bagi orang tua untuk menghadapi situasi yang berada di luar kendali mereka, sehingga mereka dapat mengurangi amarah dan risiko berkembangnya penyakit kronis.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.