Kompas.com - 13/05/2019, 13:26 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Selama hamil, apapun yang dilakukan dan diasup ibu berpengaruh besar pada kesehatan janin dalam kandungan.

Itu sebabnya calon ibu disarankan untuk mengasup lebih banyak makanan sehat selama kehamilan. Salah satunya adalah konsumsi kacang.

Sebuah studi terbaru dari Institut Kesehatan Global Barcelona (ISGlobal) menemukan bahwa konsumsi kacang bisa memengaruhi kecerdasan otak bayi.

Kacang-kacangan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari magnesium dan lemak sehat yang mampu melindungi kesehatan otak kita.

Selain itu, kacang-kacangan bisa memberikan tambahan rasa dan memberi efek mengenyangkan pada pola makan ketogenik atau diet lainnya yang berbasis tanaman. 

Para peneliti di ISGlobal juga telah mengaitkan pola makan tinggi kacang selama kehamilan dengan peningkatan perkembangan otak pada anak-anak mereka.

Penelitian yang dilakukan terhadap 2.200 orang ibu dari Spanyol ini meminta para partisipannya untuk menyelesaikan kuisioner tentang kebiasaan makan mereka selama trimester pertama dan terakhir kehamilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah bayi lahir, perkembangan neuro-psikologis anak-anak mereka diukur menggunakan beberapa tes yang telah divalidasi secara internasional. Tes ini diberikan ketika anak berusia 18 bulan, 5 tahun, dan 8 tahun setelah kelahiran.

Baca juga: Risiko Kesehatan Hamil di Usia 37 Seperti Meghan Markle

Hasil penelitian menunjukkan, ibu yang makan kacang selama trimester pertama cenderung memiliki anak dengan fungsi kognitif, kapasitas perhatian, dan memori kerja jangka panjang yang lebih baik.

"Ini adalah studi pertama yang mengeksplorasi kemungkinan manfaat dari memakan kacang selama kehamilan untuk perkembangan saraf anak dalam jangka panjang," kata peneliti ISGlobal dan penulis pertama studi, Florence Gignac.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.