Seniman Berkebutuhan Khusus Desain "Merchandise" Starbucks

Kompas.com - 14/05/2019, 17:23 WIB
Milo the Cat oleh Claudia Panca, kolaborasi The Special ID x Starbucks IndonesiaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Milo the Cat oleh Claudia Panca, kolaborasi The Special ID x Starbucks Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan ulang tahunnya yang ke-17, Starbucks Indonesia meluncurkan koleksi merchandise yang dibuat oleh seniman berkebutuhan khusus.

Starbucks menggandeng The Special ID, social entreprise yang didirikan para pengajar Art Theraphy Center Widyatama yang menghubungkan kreator difabel dengan para peminat karya seni. Kolaborasi ini selaras dengan tema peringatan 17 tahun Starbucks di Indonesia--‘We are Community’.

Adapun kolaborasi ini menghasilkan koleksi eksklusif yang terdiri dari tumbler dan tote bag, menampilkan tiga desain unik.

Bhinneka Tunggal Ika oleh Hendra Gunawan, kolaborasi The Special ID x Starbucks IndonesiaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Bhinneka Tunggal Ika oleh Hendra Gunawan, kolaborasi The Special ID x Starbucks Indonesia

Tema Bhinneka Tunggal Ika, misalnya, dibuat oleh Hendra Gunawan yang terinspirasi dari keindahan dalam setiap perbedaan.

Dalam tumbler dan tote bag tersebut, Hendra menggambarkan wajah para pemain sepakbola yang ia kagumi, yang juga mewakili keberagaman di Indonesia.

Lets Travel oleh Fatur Ridho, kolaborasi The Special ID x Starbucks IndonesiaKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Lets Travel oleh Fatur Ridho, kolaborasi The Special ID x Starbucks Indonesia

Lalu tema Let’s Travel yang digambar oleh Fatur Ridho atau akrab yang disapa Edo terinspirasi dari kesehariannya yang gemar berjalan-jalan virtual menggunakan google maps, mengunjungi gedung-gedung di Eropa pada waktu senggang.

Melalui hobi menggambar dan kemampuannya dalam mengolah digital, Edo pun menggambar objek yang biasa ia lihat dalam kehidupan sehari-hari, serta landmark di berbagai negara yang ingin ia kunjungi suatu hari nanti.

Pada gambar ini, Edo menampilkan pesawat dan kereta dengan sentuhan warna biru dan merah muda.

Terakhir adalah Milo the Cat karya Claudia Panca yang merupakan mahasiswi semester 6 jurusan desain grafis. Claudia yang suka sekali dengan kucing, bercerita mengenai Milo the Cat, kucing kesayangannya yang suka tersenyum ketika sedang tidur.

Di desain dengan latar belakang warna kuning cerah, ia ingin melambangkan keceriaan pada tumbler dan tote bag.

Pemberdayaan

Chief marketing officer Starbucks Indonesia, Liryawati, mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen peritel kopi asal Amerika Tersebut. 

"Kami melihat begitu banyak potensi yang dimiliki oleh generasi millenial di Indonesia, sehingga kolaborasi ini merupakan kesempatan bagi Starbucks untuk memperkenalkan hasil karya mereka yang berbakat," ujar Liryawati.

Sementara itu, founder The Special ID dan pengajar di Art Theraphy Center Widyatama, Firli Heriana, mengaku senang mendapatkan kesempatan menjadi bagian dari hari jadi ke-17 tahun Starbucks di Indonesia.

"Kesempatan ini sungguh berharga bagi para penciptanya, mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya yang dijual di seluruh gerai Starbucks di Indonesia," kata Firli.

 




Close Ads X