Buka Puasa Pakai Camilan Manis? Kue Tok Lucu Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 14/05/2019, 19:10 WIB
Kue tok berbentuk kura-kura yang dibuat oleh Liliana Wijaya Instagram/@liliana.wijaya68Kue tok berbentuk kura-kura yang dibuat oleh Liliana Wijaya
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Setelah seharian berpuasa, berbuka dengan sesuatu yang manis memang memberikan kenikmatan tersendiri.

Tidak hanya minuman, makanan atau camilan manis pun pastinya menggugah selera. Apalagi, camilan itu dibuat oleh tangan kita sendiri.

Bagi Anda yang hobi memasak dan berencana membuat camilan manis sendiri, mungkin kreasi kue tok bisa menjadi pilihan.

Liliana Wijaya, perempuan yang tinggal di daerah Surabaya, Jawa Timur ini membagikan resep membuat kue tok melalui akun Instagram-nya, @liliana.wijaya68.

Akun miliknya telah diikuti oleh lebih dari 150.000 akun lain. Liliana membuat beberapa bentuk kue tok, salah satunya kura-kura berwarna hijau yang begitu lucu.

Kue tok berbentuk kura-kura yang dibuat oleh Liliana WijayaInstagram/@liliana.wijaya68 Kue tok berbentuk kura-kura yang dibuat oleh Liliana Wijaya
Menurut Liliana, terdapat beberapa tips agar kue tok dapat mengembang secara sempurna, salah satunya ketika mengukus adonan yang telah dibentuk.

"Pada waktu mengukus harus sering dibuka tutup (tutupnya). Api (untuk mengukus) sedang, dan jangan terlalu lama," kata Liliana kepada Kompas.com, Selasa (14/5/2019) siang.

Anda dapat mencetak kue tok sesuai cetakan yang dimiliki atau menurut selera masing-masing.

Saat membentuk cetakan, lanjut Liliana, harus sampai penuh agar bentukya tetap menggembul dan tidak menceper.

"Kalau masalah bentuk memang butuh latihan dan harus telaten supaya rapi dan bagus. Awalnya lama, kalau sering bikin bisa lebih cepat," ujar dia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X