Rambut Sehat dan Mengkilat dengan Minyak Kelapa

Kompas.com - 15/05/2019, 12:13 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi

KOMPAS.com - Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan sudah lama diketahui. Salah satunya adalah untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Minyak kelapa terdiri dari kombinasi lemak alami yang membuatnya sehat bagi kulit.

Menurut peneliti bidang kosmetik Joshua Zeichner, asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa termasuk asam linoleat (yang bersahabat untuk kulit gampang berjerawat) dan lebih dari 50 persen asam lauric (melembabkan dan antimikroba).

“Penelitian menunjukkan, minyak kelapa mampu memperbaiki fungsi pelindung kulit, memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti-mikroba,” kata Zeichner yang juga dokter dermatologi ini.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, gunakan minyak kelapa murni dan jika memungkinkan organik (kelapa yang dipakai ditanam dengan bahan-bahan dan metode alami).

Ketahui bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk menjaga keindahan rambut:

Baca juga: Rambut Rusak? Gunting Saja

- Masker rambut

Kondisioner rambut seringkali mengandung minyak kelapa karena zat ini memang mudah menyerap ke tiap helai rambut dan mencegah hilangnya protein rambut.

Gunakan seperempat sendok minyak rambut pada rambut (jumlahnya bisa disesuaikan dengan panjang pendeknya rambut), lalu sisir rambut, dan tutup dengan handuk. 

Untuk rambut yang sangat kering bisa dipakai semalaman, lalu bilas dengan sampo yang lembut.

Baca juga: Seberapa Efektif Kondisioner Menutrisi Rambut? 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X