Waktu Menonton YouTube Naik 40 Persen Selama Ramadhan

Kompas.com - 16/05/2019, 07:53 WIB
Ilustrasi YouTube mobile shutterstockIlustrasi YouTube mobile

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku digital masyarakat mengalami peningkatan yang cukup tinggi di Bulan Ramadhan. Salah satunya adalah dalam mengakses YouTube.

Insight Specialist Google Indonesia Ariani Dwijayanti menyebutkan, sama seperti peningkatan pencarian sejumlah kategori (makanan, pakaian, travel, dan kecantikan), waktu menonton atau watch time konsumen YouTube juga meningkat 40 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Ini didasari oleh data Google pada Ramadhan 2018 lalu.

"Waktu tonton untuk 100 channel teratas di YouTube juga naik 40 persen selama Ramadhan tahun lalu," kata Ariani ketika merilis data tren terbaru seputar Bulan Ramadhan oleh Google di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Lebih lanjut Ariani menjelaskan, ada tiga kategori di YouTube yang kenaikannya signifikan di Bulan Ramadhan, yaitu konten religi, makanan dan kecantikan.

Baca juga: Pakaian Paling Dicari di Bulan Ramadhan, Gamis hingga Baju Sabyan

Untuk kategori religi dibagi lagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama adalah musik religi, seperti Sabyan Gambus dan Maher Zain.

"Itu luar biasa trending di YouTube-nya," kata dia.

Kategori lainnya adalah pembacaan Al-Quran dan pengajaran Islam. Pengajaran Islam sendiri banyak disediakan oleh channel-channel Islam di YouTube seperti Ceramah Pendek dan Lampu Islam.

Kategori kedua yang juga banyak diakses lewat YouTube selama puasa adalah makanan. Mulai dari tutorial memasak, memanggang, hingga ulasan makanan.

"Ulasan makanan ini baik yang berhubungan dengan Ramadhan dan buka puasa, maupun yang tidak berbau Ramadhan juga sangat trending. Seperti Gerry Girianza," katanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X