5 Tips Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat Saat Puasa

Kompas.com - 16/05/2019, 13:57 WIB
Ilustrasi wajah shutterstockIlustrasi wajah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama berpuasa, bibir dan kulit kering mungkin menjadi masalah yang sering kita alami. Kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan salah, dan jam tidur yang mengalami perubahan akan memengaruhi kondisi kulit.

Jangan sampai di hari Lebaran nanti, kulitmu justru terlihat lebih kusam atau bermasalah. Jangan terlalu khawatir, kamu masih bisa memiliki kulit cantik saat puasa dengan mengikuti tips berikut ini.

Kulit memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Kulit mati ini perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya.

Jika tidak, sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, debu, polusi, paparan AC, paparan sinar matahari, dan kotoran dapat memperburuk kondisi kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat kusam dan tidak sehat.

Jangan sampai pada saat puasa, kamu malas untuk merawat kulit karena berbagai alasan. Berikut tips yang membuat kulit tetap cantik saat puasa.

1. Menjaga asupan cairan untuk kulit

Ilustrasi minum airg-stockstudio Ilustrasi minum air
Selama lebih dari 12 jam, kamu tidak akan mendapatkan asupan cairan karena berpuasa. Hal ini tidak hanya membuat tubuh kekurangan cairan, tapi juga membuat kulit jadi tidak terhidrasi dengan baik.

Agar memiliki kulit yang tetap cantik saat puasa, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur.

Kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

Menurut penelitian International Journal of Cosmetic Science, minum 2,25 liter air atau setara dengan 9,5 gelas setiap harinya akan meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X