Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 27/03/2023, 08:52 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Selama berpuasa, bibir dan kulit kering mungkin menjadi masalah yang sering kita alami. Kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan salah, dan jam tidur yang mengalami perubahan akan mempengaruhi kondisi kulit.

Jangan sampai di hari Lebaran nanti, kulitmu justru terlihat lebih kusam atau bermasalah. Namun jangan terlalu khawatir, kamu masih bisa memiliki kulit cantik saat puasa dengan mengikuti tips berikut ini.

Kulit memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Kulit mati ini perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya.

Jika tidak, sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, debu, polusi, paparan AC, paparan sinar matahari, dan kotoran dapat memperburuk kondisi kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat kusam dan tidak sehat.

Baca juga: Begini Tips Kulit Glowing, Kenyal dan Cerah Tanpa Skincare yang Rumit

Jangan sampai pada saat puasa, kamu malas untuk merawat kulit karena berbagai alasan. Berikut tips yang membuat kulit tetap cantik saat puasa.

1. Menjaga asupan cairan untuk kulit

Ilustrasi minum airg-stockstudio Ilustrasi minum air
Selama lebih dari 12 jam, kamu tidak akan mendapatkan asupan cairan karena berpuasa. Hal ini tidak hanya membuat tubuh kekurangan cairan, tapi juga membuat kulit jadi tidak terhidrasi dengan baik.

Agar memiliki kulit yang tetap cantik saat puasa, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dari waktu berbuka puasa hingga sahur.

Kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

Menurut penelitian International Journal of Cosmetic Science, minum 2,25 liter air atau setara dengan 9,5 gelas setiap harinya akan meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit.

Ingatlah bahwa menjaga asupan cairan untuk kulit sama dengan menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit tetap cantik saat puasa.

2. Perbanyak makan buah saat berbuka puasa dan sahur

Mengakali Diri Sendiri Supaya Lebih Banyak Makan Buahdolgachov Mengakali Diri Sendiri Supaya Lebih Banyak Makan Buah
Jangan hanya sop buah atau gorengan-gorengan yang kamu masukkan ke dalam menu berbuka puasa atau sahur. Pastikan banyak mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit.

Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh.

Kamu bisa memilih semangka, stroberi, atau tomat. Menjaga asupan buah saat puasa dapat membuat kulit tetap cantik saat puasa.

Baca juga: Ingin Kulit Sehat dan Bercahaya? Konsumsi Makanan Ini Kuncinya

3. Menjaga kebersihan kulit

Ilustrasi mencuci mukand3000 Ilustrasi mencuci muka
Membersihkan wajah adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit karena dapat menghilangkan kotoran dan bakteri serta menjaga kesehatan kulit.

Perhatikan kandungan pembersihmu. Pembersih yang baik adalah yang tidak merusak lapisan kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com